Indonesia Positif

Kunjungan Pascasarjana Universitas Hamzanwadi ke UPI dan UNJ: Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Benchmarking

Selasa, 02 Juli 2024 - 13:43 | 8.67k
Kegiatan benchmarking Universitas Hamzanwadi dengan berkunjung ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).(FOTO: Humas Universitas Hamzanwadi)
Kegiatan benchmarking Universitas Hamzanwadi dengan berkunjung ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).(FOTO: Humas Universitas Hamzanwadi)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TIMUR – Pascasarjana Universitas Hamzanwadi Lombok Timur, terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai upaya, salah satunya adalah dengan melakukan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri melalui pola benchmarking. 

Kunjungan Pascasarjana Universitas Hamzanwadi ini merupakan bagian dari agenda unggulan yang dikemas dalam bentuk mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan equivalensi waktu 5.450 menit atau setara 2 SKS.

Kegiatan benchmarking ini telah berjalan selama tiga tahun dan pada tahun ini, Universitas Hamzanwadi memilih Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai tujuan kunjungan. 

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana Universitas Hamzanwadi, Dr. Padlurrahman, yang didampingi oleh Direktur Kerjasama, Koordinator Program Studi, para dosen, staf, serta 92 mahasiswa aktif.

Manfaat Bagi Mahasiswa

Dr. Padlurrahman, yang juga merupakan salah satu alumni UNJ, menjelaskan bahwa kunjungan ini memberikan manfaat besar bagi mahasiswa sebagai referensi untuk menjamin terjadinya continuous quality improvement. 

Selain itu, kunjungan ini juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan keilmuan di bidang pendidikan dasar dan manajemen pendidikan.

"Kunjungan ini memberi manfaat bagi mahasiswa sebagai referensi untuk menjamin terjadinya continuous quality improvement dan juga memberi pengalaman bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan keilmuannya di bidang pendidikan dasar dan manajemen pendidikan," papar Dr. Padlurrahman, Selasa (2/6/2024).

Kerjasama dan Kesepakatan Bersama

Selain memberikan manfaat akademis, kunjungan ini juga merupakan upaya untuk mewujudkan kesepahaman antara pihak-pihak yang terlibat dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi secara maksimal. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Hamzanwadi melalui Pascasarjana sepakat untuk menjalankan berbagai agenda bersama yang tertuang dalam nota kesepahaman. 

Agenda-agenda tersebut meliputi kunjungan balasan, workshop, pelatihan, webinar series, publikasi, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bersama, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

"Kunjungan ke UPI dan UNJ menjadi napak tilas akademik yang sangat penting bagi Pascasarjana Universitas Hamzanwadi dan bahkan sangat dinikmati oleh seluruh mahasiswa," tutur Dr. Padlurrahman.

Penerimaan di UPI dan UNJ

Kunjungan di UPI diterima oleh Wakil Direktur SDM, Keuangan, dan Administrasi Umum beserta beberapa dosen lainnya. Sementara di UNJ, kunjungan diterima langsung oleh Direktur Pascasarjana UNJ, para wakil direktur, para koordinator program studi, dan dosen-dosen lainnya.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan dapat terjalin kerjasama yang lebih erat antar perguruan tinggi serta peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan di Pascasarjana Universitas Hamzanwadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES