Indonesia Positif

Wujudkan Sociopreneur, UMBY Luncurkan Aplikasi UMKM

Selasa, 02 Juli 2024 - 08:07 | 8.01k
Rektor UMBY, Dr Ir Agus Slamet, STP, MP MCE ketika memberikan sambutan di acara peluncuran Aplikasi UMKM (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rektor UMBY, Dr Ir Agus Slamet, STP, MP MCE ketika memberikan sambutan di acara peluncuran Aplikasi UMKM (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Kepedulian Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak diragukan lagi. Hal itu dapat dilihat dari partisipasi para mahasiswa UMBY yang ikut membantu pelaku UMKM dalam pemasaran, kemasan produk, dan lain sebagainya.

Terbaru, UMBY melalui bagian Inovasi dan HKI UMBY bekerja sama dengan PT. Appsku Aplikasi Indonesia me-launching Aplikasi UMKM UMBY di Sport Center UMBY di Jalan Wates Km. 10, Jumat (28/06/24).

Dalam program ini yang telah bekerja sama secara langsung dengan UMBY yaitu Rumah Aku. Rumah Aku merupakan kantor cabang dari PT Appsku yang berlokasi di Yogyakarta dengan fokus sebagai wadah para UMKM dalam mengembangkan bisnis.

Rumah Aku sendiri menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang para pelaku UMKM, seperti permodalan, teknis pengelolaan toko online, branding produk, hingga pelatihan secara gratis.

Rektor UMBY, Dr Ir Agus Slamet, STP, MP MCE menerangkan peluncuran aplikasi UMKM Appsku UMBY merupakan salah satu langkah nyata UMBY menuju kampus sociopreneurship.

“Visi sociopreneur yang dibentuk UMBY merupakan ciri khas atau keunggulan dari para lulusan kami,” kata Agus, Selasa (2/6/2024).

Koordinator Rumah Aku, Tri Harso Wibowo menjelaskan, marketplace kampus ini dapat digunakan seluruh civitas akademika UMBY untuk membeli, menjual, dan bertukar barang serta jasa dengan mudah dan aman.

Produk yang ditawarkan pada aplikasi tersebut bervariasi sehingga pembeli diberikan kemudahakan dalam pemilihan sesuai kebutuhan.

“UMBY merupakan perguruan tinggi pertama yang bergabung bersama kami di aplikasi ini guna mengembangkan sisi entrepreneurship, sehingga ini mendorong kampus UMBY menuju kampus sociopreneurship,” terang Tri.

Kepala Bagian Inovasi dan HKI, Putri Taqwa Prasetyaningrum ST MT MCE MCF berharap melalui peluncuran aplikasi UMKM Appsku UMBY akan semakin banyak entrepreneur yang dapat mengakses informasi terbaru dan berguna untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Koord. Inkubator Bisnis UMBY, Azfa Mutiara Ahmad Pabulo, SE MEK CAP menyampaikan bahwa marketplace UMBY menyediakan berbagai produk mulai dari buku, perlengkapan kuliah, hingga makanan dan minuman yang dapat diakses dengan mudah dan efisien.

Hal ini sesuai dengan trend sekaligus mendukung ekosistem wirausaha mahasiswa dan civitas akademika UMBY, juga sebagai  peluang bagi mahasiswa dan komunitas kampus untuk berwirausaha. 

“Marketplace UMBY dapat menjadi platform untuk berkolaborasi dan berinovasi sehingga memungkinkan ide dan kreasi mahasiswa untuk lebih dikenal dan diapresiasi oleh publik,” papar Azfa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES