Indonesia Positif

Wawasan Internasional Memainkan Peran Penting Dalam Penguatan Suasana Akademik di STIKI Malang

Rabu, 03 Juli 2024 - 11:18 | 6.14k

TIMESINDONESIA, MALANG – Pada era globalisasi serta perkembangan teknologi saat ini, memiliki wawasan internasional menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan serta penting, khususnya dalam dunia pendidikan. Di perguruan tinggi, program kegiatan internasional dirancang supaya sivitas akademika dapat memahami berbagai budaya, kebijakan, dan dinamika internasional dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kolaborasi lintas negara, mempromosikan inovasi, dan menghasilkan solusi yang lebih komprehensif terhadap masalah global, memperluas cakrawala pengetahuan serta berbagi pengalaman lintas negara. Program pertukaran akademik, konferensi internasional, dan kemitraan global, sivitas akademika memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif dimanapun, khususnya memberikan dampak bagi lingkungan sekitar.

Hingga saat ini, STIKI Malang telah memiliki puluhan kerjasama internasional dibawah unit Kemitraan Global. Berbagai program terus dilaksanakan sebagai upaya memperkuat wawasan internasional bagi seluruh sivitas, serta menjalin komunikasi intensif dengan mitra secara global.

Program kegiatan internasional yang berhasil dilaksanakan hingga saat ini antara lain pertukaran mahasiswa maupun dosen, transfer credit, internship program, double degree, international conference & exhibition, international competition, serta program lainnya yang memberikan dampak bagi STIKI maupun mitra LN.

Selain itu, kelas internasional yang telah diselenggarakan di STIKI, telah memberikan pengalaman belajar berbeda karena adanya keterlibatan mahasiswa maupun dosen asing dalam proses belajar mengajar.  

Pada tanggal, 13 Juni 2024, STIKI Malang kembali menambahkan 1 kerjasama baru dengan Colegio de San Juan de Letrán, yang berlokasi di Manila, Filipina. Meskipun pelaksanaan MoU dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi makna serta tujuan kerjasama yang akan dilakukan bersama. 

Melalui kerjasama ini, diharapkan ada kegiatan bersama untuk mendukung pertukaran ilmu, budaya, serta kolaborasi dalam bidang akademik dan penelitian. Penambahan kerjasama ini, melengkapi kerjasama yang telah dimiliki STIKI dengan beberapa kampus di Filipina lainnya, yang telah berjalan baik dan intensif, baik dalam pengiriman mahasiswa STIKI ke Filipina maupun menerima mahasiswa Filipina belajar di STIKI.

Dengan memperkuat wawasan internasional secara berkelanjutan, mendorong sivitas akademika di STIKI Malang untuk terus terlibat aktif dalam berbagai program kolaborasi internasional dan pertukaran pengetahuan lintas budaya. Wawasan internasional yang telah dilaksanakan tidak hanya memperkaya pengalaman belajar para mahasiswa, tetapi juga mendorong inovasi dalam metode pengajaran dan penelitian.

Melalui kerjasama internasional, STIKI menjadi lebih memahami berbagai sistem pendidikan, budaya, dan praktik terbaik dari seluruh dunia, sehingga dosen dapat mengadopsi dan memperbaiki strategi untuk meningkatkan hasil belajar.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang teknologi, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. STIKI Malang membuka penerimaan mahasiswa baru T.A. 2024/2025, daftar sekarang di pmb.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES