Indonesia Positif

Alumni Polbangtan Malang Bagikan Rahasia Kesuksesan

Rabu, 03 Juli 2024 - 19:45 | 32.58k
Alumni Polbangtan Malang membagikan rahasia kesuksesan daoam acara Sharing Alumni. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Alumni Polbangtan Malang membagikan rahasia kesuksesan daoam acara Sharing Alumni. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Perguruan tinggi berperan penting dalam menghasilkan generasi masa depan yang berkualitas, memiliki karakter yang baik, dan juga mampu memberikan dampak positif. Para alumni yang telah sukses dalam studi dan karier mereka dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi para mahasiswa. Dalam upaya untuk menginspirasi para mahasiswa dalam perkuliahan dan mempersiapkan karier sejak dini, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) menggelar acara Sharing Alumni pada Selasa (2/7/2024).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyebutkan, sebagai penyangga ekonomi negara, sektor pertanian harus didukung oleh SDM yang handal.

"Indonesia harus maju lewat pertanian. Untuk mencapai itu maka mahasiswa Polbangtan harus menjadi SDM yang berkualitas.” kata Mentan Amran.

Sementara Plt Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan jika para mahasiswa adalah masa depan pertanian.

“Pertanian membutuhkan regenerasi. Dan para mahasiswa ini adalah masa depan untuk pertanian. Kita berharap mereka memberikan ide-ide segar dan terobosan untuk kemajuan pertanian,” tuturnya.

Sharing Alumni dengan tema “Melalui Alumni, Kita Wujudkan Rekam Jejak yang Berdedikasi dan Berdikari” merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis ke 6 Polbangtan Malang.

Acara Sharing Alumni bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa melalui pengalaman yang dibagikan oleh sejumlah alumni terbaik Polbangtan Malang. Acara ini juga menjadi wadah bagi para alumni untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka dalam berkarier.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana menyampaikan bahwa masa berkuliah adalah masa untuk mulai membangun karier. Di Polbangtan Malang, kita belajar bukan hanya untuk lulus ujian, tetapi untuk mempersiapkan diri untuk kelak menjadi lulusan yang kompeten dan sukses di dunia kerja. 

“Jangan ragu, ketika kalian sudah memilih untuk masuk ke Polbangtan Malang, ambil risikonya, ambil manfaat sebanyak-banyaknya, maka harus bertanggungjawab untuk menjalankan pilihan itu sampai akhir," kata Udrayana.

Acara Sharing Alumni kali ini menghadirkan beberapa alumni sukses Polbangtan Malang yang telah memberikan kontribusi positif dalam karier mereka. Rifqi Fairuz Salam, Field Agronomist PT Syngenta Seed Indonesia; Elham Nuir Amin, owner Kaki Gunung Farm; dan Muhammad Alfian, tenaga Ahli PT Dinamika Megatama Citra, adalah beberapa di antara mereka yang berbagi pengalaman dan kesuksesan mereka kepada mahasiswa.

Ketiga alumni Polbangtan Malang ini memberikan inspirasi kepada mahasiswa tentang cara mempersiapkan karier sejak duduk di bangku kuliah.

Rifqi Fairuz Salam menceritakan bahwa selama berkuliah, ia memiliki jadwal yang sangat padat, mulai dari menjalani kegiatan akademik di kampus, menjadi wakil komandan polisi mahasiswa, hingga marching band. Berdasarkan pengalamannya itu, alumni program studi (Prodi) Penyuluh Pertanian Berkelanjutan (PPB) lulusan tahun 2020 ini menilai bahwa pengalaman menjadi kunci untuk berhasil menjalani berbagai kegiatan tersebut.  

“Menurut saya, segala kegiatan itu akan membawa kita ke kegiatan yang lain. The Experience will always bring us to another Experiences. Pengalaman itu akan membawa kita ke pengalaman yang lain. Jadi apa yang kalian kerjakan, adik-adik ini harus berikan yang terbaik. Pengalaman itu yang membawa saya saat ini,” kata Rifqi, yang menjabat sebagai Field Agronomist PT Syngenta Seed Indonesia.

Sementara itu, Muhammad Alfian, lulusan Agribisnis Peternakan tahun 2022, menyoroti pentingnya kerja keras, cerdas, dan ikhlas dalam meraih kesuksesan. "Kerja keras akan membuat orang bertahan dengan pekerjaannya, kerja cerdas membuat seseorang memiliki impact dalam pekerjaannya, namun jika kerja ikhlas akan membuat orang mensyukuri hasil dari pekerjaannya.”," ungkapnya.

Sebagai lulusan Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan tahun 2020, yang juga pernah manjadi Komandan Polisi Mahasiswa Polbangtan Malang tahun 2018, Elham Nur Aminmenceritakan bagaimana pengalamannya sampai akhirnya bisa mendirikan Kaki Gunung Farm Tulungagung. Elham menilai bahwa tekun, konsisten, teamwork dan fokus menjadi kunci utama untuk berhasil menjalani berbagai kegiatan. Elham juga berpesan untuk fokus pada diri sendiri.
“Fokus pada dirimu sendiri jangan dengarkan omongan orang lain.”

Acara berlangsung meriah di Aula Sasana Giri Sabha Polbangtan Malang dan dihadiri oleh para mahasiswa dari berbagai program studi. Acara ini menunjukkan komitmen Polbangtan Malang dalam melahirkan lulusan yang tidak hanya akademis unggul, tetapi juga siap bersaing di dunia kerja global. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES