Indonesia Positif

Enam Dosen Ilmu Komunikasi UMBY Lulus Sertifikasi Internasional CICS

Selasa, 09 Juli 2024 - 13:38 | 16.45k
Enam Dosen Ilmu Komunikasi UMBY ketika menerima sertifikat kelulusan uji sertifikasi kompetensi tingkat internasional CICS. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Enam Dosen Ilmu Komunikasi UMBY ketika menerima sertifikat kelulusan uji sertifikasi kompetensi tingkat internasional CICS. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau FIKOMM UMBY bekerjasama dengan American Academy of Project Management (AAPM) menggelar uji sertifikasi kompetensi tingkat internasional Certified International Communication Specialist (CICS).

AAPM merupakan lembaga sertifikasi profesi resmi yang diakui oleh pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah Indonesia khususnya Kemendikbudristek. Pada sertifikasi tersebut yang diujikan agar dinyatakan berkompetensi oleh pihak AAPM diantaranya terkait communication management, interpersonal communication, organization/corporate public relation and marketing, risk management communication, and artificial intelligent in communication field.

Uji kompetensi ini dihadiri oleh Dekan FIKOMM UMBY, Dr Didik Haryadi Santoso, MA dan Prof Dr Ir Fauzi Hasan, MM, MBA MPM CWM ASCA, Direktur The American Academy of Project Management Chapter Asia Pasific.

Dalam sambutannya, Didik Haryadi Santoso menyampaikan bahwa uji sertifikasi kompetensi merupakan implementasi MoU antara FIKOMM UMBY dengan AAPM dan merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya dosen Prodi Ilmu Komunikasi dalam bidang komunikasi internasional.

“Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan standar program studi pada level internasional, dosen Ilmu Komunikasi harus memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang komunikasi di tingkat internasional pula,” kata Didik, Selasa (9/7/2024).

Melalui sertifikasi ini, Didik berharap para dosen dapat menambah pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Sehingga, para dosen siap, sanggup, dan mampu dalam menghadapi tantangan perubahan yang pesat sehingga melahirkan lulusan yang berkompeten pula.

Setelah pada 15-19 Mei 2024 dilakukan uji kompetensi, pada akhir Juni 2024 AAPM memberikan hasil verifikasi kelayakan kompetensi.

Terdapat enam dosen Ilmu Komunikasi yang dinyatakan lolos sertifikasi dan berhak menyandang gelar non akademik CICS yaitu Arief Nuryana MIKom, Iksan Fauzi Adha MIKom, M. Nastain MIKom, Rila Setyaningsih MSi, Rosalia Prismarini MA, dan Dr Didik Haryadi Santoso MA.

Rektor UMBY, Dr Ir Agus Slamet, STP MP MCE mengungkapkan bahwa tambahan gelar Certified International Communication Specialist pada 6 dosen Ilmu Komunikasi merupakan tuntutan agar UMBY dapat mewujudkan menjadi universitas yang berwawasan internasional pada tahun 2029.

Disamping itu, hal ini adalah upaya melahirkan lulusan Ilmu Komunikasi yang berkompeten dengan diawali dosen-dosennya yang memang teruji kompetensinya.

“Kami ingin mewujudkan visi UMBY yakni universitas yang berwawasan internasional pada tahun 2029 sehingga dosen-dosennya dituntut untuk memiliki kompetensi skala internasional agar dapat melahirkan lulusan yang berkompeten,” papar Rektor UMBY, Agus Slamet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES