Indonesia Positif

Tips Mendapatkan Rambut Sehat dan Indah ala Dr. Nadia

Rabu, 10 Juli 2024 - 09:50 | 12.60k
 (Foto: Wijaya)
(Foto: Wijaya)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah impian banyak wanita dan bahkan juga pria. Rambut adalah mahkota, dan dengan rambut yang sehat dan indah, rasa kepercayaan diri seseorang pasti bertambah.

Tapi, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Yuk, kita bahas lebih lanjut bersama Dr. dr. Nadia Permatasari, M, Biomed (AAM), seorang Doktor Anti Aging Medicine yang juga Dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

Alopesia Androgenetik: Penyebab dan Terapi

Rambut rontok bisa menyebabkan tekanan psikologis dan emosional yang cukup besar serta penurunan kualitas hidup.

Salah satu masalah rambut rontok yang sering dijumpai adalah alopesia androgenetik, yaitu kelainan rambut rontok yang ditandai dengan penipisan rambut kulit kepala secara progresif.

Alopesia androgenetik disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Pada usia 60 tahun, 45% pria dan 35% wanita mengalami alopesia androgenetik. Bagaimana terapi pada alopesia androgenetik?

Sebelumnya, kita harus paham bahwa rambut memiliki siklus pertumbuhan yang dibagi menjadi empat fase utama, yaitu:

1. Fase Anagen

Fase anagen adalah tahap terpanjang dan teraktif dalam siklus pertumbuhan rambut. Rambut tumbuh dengan kecepatan 1-2 cm per bulan.

“Pada fase ini, rambut berada dalam masa pertumbuhan aktif dan ini adalah saat yang paling penting untuk perawatan rambut,” jelas Dr. Nadia.

2. Fase Katagen

Fase katagen merupakan tahap peralihan antara fase anagen dan fase telogen. Selama fase ini, pertumbuhan rambut melambat hingga 50% dan mungkin berhenti sama sekali.

“Tahap ini adalah masa transisi di mana folikel rambut mulai mengecil,” tambah Dr. Nadia.

3. Fase Telogen

Fase telogen adalah tahap terpendek dan paling tidak aktif dalam siklus pertumbuhan rambut. Fase ini berlangsung selama 3-6 bulan dan selama itu rambut tidak tumbuh.

“Di fase ini, rambut berada dalam masa istirahat sebelum rontok,” kata Dr. Nadia.

4. Fase Eksogen

Fase eksogen adalah tahap akhir dari siklus pertumbuhan rambut. Fase ini berlangsung selama 6-12 bulan dan selama waktu ini rambut rontok dan rambut baru menggantikannya.

“Ini adalah proses alami di mana rambut rontok dan digantikan oleh rambut baru,” jelas Dr. Nadia.

Terapi PRP untuk Alopesia Androgenetik

Terapi PRP (Platelet-Rich Plasma) memiliki manfaat untuk terapi alopesia androgenetik. Trombosit dalam PRP menjadi aktif ketika disuntikkan ke kulit kepala dan melepaskan berbagai faktor pertumbuhan, yang meningkatkan pertumbuhan rambut.

“Faktor pertumbuhan termasuk PDGF, TGF-B, VEGF, EGF, dan IGF yang dilepaskan oleh trombosit yang diaktivkan dalam PRP diyakini dapat mendorong pertumbuhan kembali rambut baru,” jelas Dr. Nadia.

Menjaga Rambut Tetap Sehat

Dalam aktivitas sehari-hari, penting untuk menjaga kesehatan rambut dengan perawatan yang tepat. Gunakan produk rambut seperti shampoo dan kondisioner yang tepat, kurangi tingkat stres, dan jangan lupa untuk melakukan perawatan rambut secara rutin.

“Rutin merawat rambut dan menjaga gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan lebih lanjut,” pungkas Dr. Nadia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES