Hindari Antrean Panjang, PELNI Kenalkan Aplikasi PELNI Mobile di Kota Waingapu
TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menyemarakkan Kota Waingapu (PELNI Waingapu), Sumba Timur dengan melakukan sosialisasi PELNI Mobile.
Acara ini dihadiri Vice President Usaha Penumpang Non Komersial PELNI Presda Simangasing, Kepala Kantor Cabang PT PELNI Waingapu Desna Hestyandoko dan para penumpang kapal PELNI di pelabuhan Waingapu Kamis (14/11/2024).
Advertisement
“Pada akhir Oktober lalu PELNI juga memperkenalkan PELNI Mobile sebuah aplikasi untuk pembelian tiket kapal dan berbagai aktifitas yang dibawa naungan perusahan kepada masyarakat Sumba Timur,” kata Presda Simangasing.
Pihaknya sangat senang dapat menghadirkan dan menyemarakkan pelabuhan Waingapu dengan sosialisasi PELNI Mobile. Ia berharap dapat mengajak para penumpang sekaligus warga Kota Waingapu untuk mulai beralih cara membeli tiket yang semula manual dengan memanfaatkan secara maksimal ponsel pintar dengan mengunduh PELNI Mobile.
“Kami yakin dengan menggunakan PELNI Mobile masyarakat akan terbantu dan juga menghemat waktu untuk memesan tiket kapal penumpang,” tutur Presda.
PELNI Mobile merupakan upaya menjemput bola bagi para penumpang kapal PELNI yang sudah terbiasa menggunakan gadget. Dengan itu mereka bisa langsung memesan tiket tanpa antrean di loket atau menghubungi call center yang tentu membutuhkan waktu.
“Melalui PELNI Mobile maka calon penumpang bisa melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan kapal PELNI seperti, membeli tiket kapal, mengirim barang, pelayanan keagenan kapal, penyewaan asset dan reservasi Hotel Bahtera,” ujar Presda.
Upaya perusahaan terus mensosialisasikan PELNI Mobile tercermin dalam peningkatan unduh aplikasi hingga semester 1. 2024. Pada periode Januari – Juni 2024 tercatat sebanyak 506.644 pengguna aplikasi PELNI Mobile. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan periode sepanjang tahun lalu atau pada Januari-Desember 2023 mencapai 305.785 pengguna aplikasi PELNI Mobile.
“Ini langkah kongkrit kami untuk menjemput bola ke masyarakat yang akhirnya tercermin pada peminat pengguna aplikasi yang terus memperlihatkan kinerja positif. Kami berharap jumlah ini terus meningkat ke depannya,” harapnya.
Calon penumpang kini dapat memperoleh informasi jadwal kapal yang tersedia seperti cek tanggal, jam, serta kategori kelas. "Setelah isi identitas penumpang, pastikan identitas sesuai dengan KTP penumpang dapat langsung memilih metode pembayaran dan mendapatkan informasi cara pembayaran terakhir e tiket suda terbit. Tapi ingat e-tiket ini harus ditukar dengan boarding pass di pelabuhan keberangkatan,” sebutnya.
Kepala PELNI Kantor Cabang Waingapu Desna Hestyandoko menyampaikan, calon penumpang sangat antusias dengan hadirnya PELNI Mobile. Meski begitu, menjadi tugas bersama untuk memberikan edukasi agar masyarakat dapat beralih ke ponsel pintar yang sebetulnya mereka miliki.
“Sosialisasi PELNI Mobile sangat bagus sekali agar masyarakat semakin memahami dan mudah mendapatkan tiket PELNI. Waingapu sebagai pulau yang sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun wisatawan mancanegara dapat menjadikan kapal PELNI salah satu alternatif untuk bertransportasi atau berwisata,” terang Desna.
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Faizal R Arief |
Publisher | : Rizal Dani |