Indonesia Positif

Dosen UNIPMA Gelar Penyuluhan Kesadaran Keamanan Siber bagi Siswa SD di Kota Madiun

Selasa, 19 November 2024 - 16:54 | 14.09k
Dosen UNIPMA saat melakukan penyuluhan Kesadaran Keamanan Siber (Cyber Security Awareness) di SDN 01 Pandean. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Dosen UNIPMA saat melakukan penyuluhan Kesadaran Keamanan Siber (Cyber Security Awareness) di SDN 01 Pandean. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Dosen Fakultas Teknik UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) melakukan penyuluhan tentang keamanan siber bagi siswa usia SD di Kota Madiun. Kegiatan ini terlaksana melalui program joint research yang diinisiasi oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dan Fakultas Teknik UNIPMA bekerjasama dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia. 

Adapun kegiatan ini dimotori oleh tiga dosen yaitu Andria, S.Kom, M.Kom. (Prodi Sistem Informasi), Ridam Dwi Laksono, S.Si. M.Pd (Prodi Teknik Elektro), M.Pd dan Kelik Sussolaikah, S.Kom., M.Kom. (Prodi Teknik Informatika). 

Advertisement

penyuluhan-Keamanan-Siber-disekolah.jpg

Alasan dilaksanakan penyuluhan karena ramainya penyalahgunaan akses keamanan internet dan bocornya data pribadi ke dunia maya (internet) menjadi marak pada akhir-akhir ini. Selain itu maraknya game online yang melibatkan iklan judi online, sangat meresahkan masyarakat.  

Kegiatan ini diimplementasikan menggunakan game interaktif, banyak informasi disampaikan dalam game ini bertujuan untuk mengedukasi siswa agar tumbuh kesadarannya memiliki pengetahuan tentang keamanan siber. 

”Di era digital ini penting sekali mengenalkan keamanan siber semenjak dini, agar mereka memiliki filter di dunia maya,” ujar Andria selaku ketua tim. 

Dosen-UNIPMA-penyuluhan-Keamanan-Siber.jpg

Sedangkan Ridam Dwi laksono, selaku anggota tim mengungkapkan bahwa penyuluhan ini sukses menarik perhatian 86 siswa tingkat SD di Kota Madiun. Platform online yang dibuat dikombinasikan antara LMS dengan Plugin H5P ini menarik perhatian siswa SD. 

”Wahana LMS dimana siswa berinteraksi menembus batas tempat dan waktu sekolah sangat cocok sebagai wahana media game interaktif ini,” ungkap Ridam. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Kelik. ”Plugin H5P sangat fleksible untuk membuat game interaktif, baik meningkatkan potensi gamifikasi permainan,” kata Kelik.

Kegiatan ini memasuki tahun kedua ini sudah dilakukan semenjak tahun 2023 dan kegiatan ini dilaksanakan di beberapa sekolah. Pada tahun 2024 ini merupakan kegiatan implementasi penyuluhan yang merupakan hasil kegiatan penelitian tahun 2023. Kegiatan dosen UNIPMA Madiun ini menekankan pentingnya menjaga kesadaran tentang keamanan siber di usia semenjak dini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES