Indonesia Positif

Trisnia Anchali Kardia: Kami Optimis Perusahaan Gupshup Sukses Besar di Indonesia

Selasa, 03 Desember 2024 - 13:59 | 30.64k
Country Head Gupshup Indonesia, Trisnia Anchali Kardia. (FOTO: Anchali for TIMES Indonesia)
Country Head Gupshup Indonesia, Trisnia Anchali Kardia. (FOTO: Anchali for TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gupshup sebuah perusahaan Conversational AI Engagement terkemuka di dunia menunjuk Trisnia Anchali Kardia sebagai Country Head Indonesia yang baru. Ia akan fokus untuk mengembangkan bisnis enterprise Gupshup di Tanah Air dan mendorong kepemimpinan pasar dalam keterlibatan AI percakapan.

Anchali mengatakan, pihaknya sangat optimis bahwa Gupshup akan berkembang dan sukses di Indonesia. "Kita optimis akan berkembang dan bisa sukses di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki populasi digital yang besar dan berkembang pesat," katanya saat diwawancara TIMES Indonesia pada Selasa (3/12/2024).

Advertisement

Anchali tak menampik adanya tantangan-tantangan besar yang ada di Indonesia. Menurutnya, tantangan-tantangan itu pasti dihadapi oleh Gupshup itu sendiri.

"Tiap market tantangan-tantangan beda-beda ya, di perusahaan kami ini percaya lokalisasi. Karena tantangan ini adalah masalah bahasa, jadi kami mencoba untuk menawarkan dalam bahasa Indonesia," jelasnya.

"Ini sangat penting, karena kan ada platform global yang memang tidak bisa mengikuti perkembangan. Karena memang tidak tersedia di dalam bahasa Indonesia. Untuk itu, karena kita tahu tantangan-tantangan adalah bahasa, kita berinovasi untuk bahasa Indonesia," katanya.

Untuk mensukseskan inovasi itu, lanjut Anchali, kini pihaknya memiliki tim lokal dalam membantu inovasi tersebut. "Untuk komunikasi, kita juga memiliki tim lokal yang memang tinggal dan tahu market Indonesia. Sehingga kita bisa memahami kebutuhan pasar di Indonesia," ucapnya.

Ia juga menyebut, sejauh ini para pelanggan di perusahaan Gupshup mengaku sangat puas dengan semua kinerja dan inovasi yang diberikan.

"Kalau tingkat kepuasan kita sudah banyak sekali membantu. Jadi kita melihat tingkat kepuasannya masih tinggi. Kita berencana akan membawa semua kemampuan kami (ke Indonesia). Fitur yang menarik bagi kami yang baru-baru ini yaitu AI campaign co-pilot. Ini adalah salah satu inovasi yang mengubah pesan biasa menjadi solusi untuk experience yang canggih," katanya.

Ia pun berharap, dengan kedatangan Gupshup di Indonesia, tak hanya memberikan kesuksesan pada perusahaan ini, namun juga memberikan manfaat yang luas untuk membantu usaha atau bisnis di dalam negeri.

Apalagi, kata dia, teknologi yang berkembang pesat di Indonesia menjadikannya salah satu pasar pertumbuhan terpenting bagi Gupshup. Dengan klien-klien seperti Gojek, SuperIndo, Cinepolis, Tokopedia, Rupa Rupa, dan OLX, Gupshup memiliki posisi yang tepat untuk melayani kebutuhan bisnis yang ingin mentransformasi siklus hidup pelanggan secara menyeluruh dengan memanfaatkan pesan sebagai saluran utama untuk berinteraksi dengan pelanggan.  

"Kalau dulu kita melihat untuk bisnis ini kan semakin banyak budget semakin banyak iklan, semakin banyak pilihan orang. Sekarang lebih complicated, karena dengan adanya pertumbuhan digital. Kami memiliki peluang yang luar biasa untuk membantu bisnis di Indonesia untuk scale up dan mengubah strategi customer engagement," ujarnya.

Sekilas Gupshup

Gupshup adalah perusahaan Conversational AI Engagement terkemuka di dunia dengan Cloud Percakapan yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi, beriklan, dan berkomunikasi dengan pelanggan mereka. 

Solusi keterlibatan percakapan kami memungkinkan 45.000+ merek di seluruh dunia untuk memberikan pengalaman pelanggan yang transformatif, pertumbuhan yang dipercepat, dan peningkatan pendapatan sekaligus menghemat biaya. 

Platform terkemuka di industri Gupshup mendukung lebih dari 120 miliar pesan setiap tahun di lebih dari 60 negara - India, Brasil, UEA, Arab Saudi, Meksiko, Indonesia, Singapura, dan Amerika Serikat. 

Bank, fintech, pengecer, dan platform e-commerce terkemuka seperti IDFC Bank, Flipkart, Estee Lauder, Swiggy, Standard Chartered Bank, FedEx, Landmark Group, Petromin, Loreal, Mattel, dan Reserva memanfaatkan kekuatan Conversation Cloud Gupshup. Gupshup adalah Unicorn dengan investor tenda seperti Tiger Global, Fidelity Management and Research Co. LLC, dan lainnya di meja kapitalisasinya.

Mengenal Trisnia Anchali Kardia

Sebelum bergabung dengan Gupshup, Anchali menjabat sebagai Country Head - Indonesia di Graas, sebuah perusahaan analitik e-commerce terkemuka, di mana ia berhasil meningkatkan pertumbuhan pendapatan hingga lebih dari 120% dan memperluas basis klien. 

Anchali memiliki pengalaman lebih dari satu dekade dalam bidang business messaging, memulai karirnya di Telkomsel, operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, memimpin tim penjualan untuk meluncurkan bisnis periklanan digital, termasuk periklanan berbasis lokasi.  

Kariernya kemudian membawanya ke Zomato Indonesia, di mana ia memimpin bagian penjualan. Setelah itu, Anchali pindah ke Line, salah satu aplikasi perpesanan terkemuka di Indonesia, sebagai Chief Commercial Officer. 

Di Line, Anchali bertanggung jawab atas pemasaran, inisiatif produk, dan pengembangan bisnis untuk produk pesan perusahaan, memperkuat reputasinya sebagai pakar berpengalaman dalam ekosistem pesan. 

Di luar pencapaian profesionalnya, Anchali adalah seorang traveler dan penyanyi bahkan telah merilis sebuah lagu di Spotify. Dua kesukaannya ini menunjukkan hasratnya dalam berkreasi dan bereksplorasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES