Kesehatan

Tips Olahraga untuk Penderita Diabetes

Minggu, 15 Oktober 2017 - 01:20 | 85.13k
ILUSTRASI. Penderita diabetes tipe 2 dianjurkan untuk rutin berolahraga. (FOTO: theazmag.com)
ILUSTRASI. Penderita diabetes tipe 2 dianjurkan untuk rutin berolahraga. (FOTO: theazmag.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diabetes tipe 2 merupakan suatu kondisi kesehatan yang paling sering dialami orang usia lanjut. Untuk mencegah diabetes berkembang semakin parah dianjurkan untuk berolahraga. Olahraga untuk diabetes juga diketahui bisa mencegah berbagai jenis komplikasi penyakit yang fatal.

Dr. Michele Olson, seorang profesor ilmu olahraga di Huntingdon College di Amerika Serikat, menganjurkan orang yang mengidap diabetes lebih rajin berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, olahraga ringan juga dapat membantu mencegah agar diabetes tak bertambah parah.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut tips-tips olahraga untuk diabetes agar lebih terkendali.

Selalu Cek Kadar Gula Darah
Setiap sebelum dan sesudah berolahraga, Anda harus memeriksa kadar gula darah Anda. Jika kadar gula darah rendah sebelum berolahraga, ada baiknya konsumsi makanan berkarbohidrat sebanyak 15 gram. Namun, jika kadar gula darah Anda terlalu tinggi sebelum berolahraga, sebaiknya makan makanan yang kaya protein sekitar satu jam sebelum Anda berolahraga.

Lebih Banyak Bergerak
Salah satu cara mencegah diabetes yang paling sederhana adalah banyak bergerak dan beraktivitas. Pasalnya, di masa kini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar kaca daripada bergerak aktif mengolah tubuh.

Sebuah studi dari University of Leicester menemukan, dengan mengurangi duduk sebanyak 90 menit setiap hari dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang amat baik orang yang punya penyakit diabetes.

Jalan-Jalan Setelah Makan
Kebanyakan orang akan menghabiskan waktu dengan duduk, mengobrol, atau bahkan tidur sehabis makan. Meskipun memang nikmat, hal ini amat sangat harus dihindari kalau Anda punya diabetes.

Setelah makan, gula dari makanan akan diserap tubuh sehingga bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Para ahli pun menyarankan Anda untuk menunggu sekitar 30 menit setelah makan, dan kemudian berjalan kaki selama 15 menit.

Pastikan Cairan Tubuh Seimbang
Jika Anda memiliki diabetes dan hendak berolahraga, Dr. Olson menyarankan Anda untuk minum lebih banyak dari biasanya. Orang dengan diabetes butuh banyak cairan dalam tubuh guna menjaga status hidrasi dan membantu ginjal agar tidak bekerja terlalu keras. Jangan pernah mengabaikan rasa haus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES