Kesehatan

Termasuk Makanan Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Jagung untuk Tubuh

Rabu, 26 September 2018 - 03:12 | 271.62k
ILUSTRASI - Jagung. (FOTO: DuPont Pioneer)
ILUSTRASI - Jagung. (FOTO: DuPont Pioneer)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jagung merupakan salah satu sayuran yang kaya serat dan nutrisi yang membantu pencernaan. Jagung juga kaya thiamin, fosfor, folat, vitamin C, dan dapat memenuhi 10 persen kebutuhan harian magnesium tubuh. Jagung memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk ibu hamil. Apa saja manfaat jagung untuk tubuh?

Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Mengatasi Anemia

Jagung mengandung zat besi, vitamin B dan folat yang tinggi. Semua jenis zat ini berperan untuk mengatasi anemia sehingga ibu hamil memiliki kondisi yang lebih sehat.

2. Menjaga Berat Badan Janin

Beberapa bayi yang dilahirkan dari ibu yang kekurangan nutrisi biasanya memiliki berat badan yang rendah. Konsumsi jagung bagi ibu hamil akan mencegah bayi kekurangan nutrisi sehingga bayi lahir dengan sehat dan berat badan yang cukup.

3. Mendukung Perkembangan Tulang dan Otot

Janin membutuhkan beberapa asupan mineral seperti zat besi, tembaga, fosfor, dan magnesium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Semua mineral ini ternyata ditemukan dalam jagung. Jagung untuk ibu hamil sangat mendukung perkembangan tulang pada janin, mencegah cacat tulang dan sekaligus memelihara fungsi ginjal.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat jagung manis yang bisa didapatkan tubuh adalah berkat kandungan kaliumnya. Dalam setiap 100 gram jagung mengandung sekitar 389 mg kalium. Kalium berperan untuk memelihara kesehatan denyut jantung dan mengurangi risiko penimbunan plak pada arteri.

5. Sumber Energi

Jagung dipercaya bisa meningkatkan tenaga ibu hamil yang biasanya merasa lemah karena gangguan mual dan muntah yang terjadi pada 3 bulan pertama. Dalam setiap 100 gram jagung mengandung sekitar 5 mg protein, ini adalah jumlah protein yang cukup untuk membantu asupan makanan ibu hamil.

6. Memacu Fungsi Otak Janin

Jagung menjadi sumber thiamin yang sangat tinggi. Thiamin diperlukan oleh janin untuk membentuk perkembangan sel-sel otak dan mendukung fungsi kognitif pada bayi. Perkembangan otak pada janin sudah dimulai sejak dalam kandungan. Bahkan cara menjaga kehamilan dengan asupan thiamin yang cukup akan mendukung kecerdasan yang sangat baik untuk bayi.

7. Mencukupi Kebutuhan Folat

Folat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama pada trimester pertama. Folat diperlukan oleh janin untuk pembentukan sel saraf. Bayi yang dilahirkan dengan kondisi kekurangan folat biasanya mengalami cacat tabung saraf dan sulit untuk ditangani. Anda bisa mengonsumsi jagung untuk mencukupi kebutuhan folat.

Nah, itulah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh. Mulai sekarang Anda bisa memasukkan jagung lebih sering pada menu masakan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES