Kesehatan

Inilah Tanaman Obat yang Wajib Ditanam di Rumah Anda

Rabu, 30 Januari 2019 - 13:25 | 168.75k
Tanaman Toga yang siap diolah menjadi obat herbal yang bisa dikonsumsi. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Tanaman Toga yang siap diolah menjadi obat herbal yang bisa dikonsumsi. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Ingin keluarga Anda mandiri dalam pengobatan herbal. Inilah jenis tanaman obat  keluarga (Toga) yang wajib Anda tanam di pekarangan rumah.

Biasanya penyakit yang sering dialami keluarga kita adalah flu, batuk dan pilek. Atau kadang juga anak-anak ketika bermain mendadak jatuh hingga kakinya berdarah.

Jika itu terjadi Anda tidak usah bingung, karena dirumah sudah ada beberapa tanaman obat yang bisa digunakan.

“Ada beberapa tanaman obat yang wajib kita tanam, kalau batuk, kita harus konsumsi Daun Jarong atau Pecut Kuda serta Adas,” ujar Kasi Pelayanan Laboratorium Herbal, UPT Materia Medica, Fitria Rahmawati S.Farm Apt.

obat-herbal.jpg

Kalau kita terserang pilek, kata Fitria, yang harus dilakukan adalah meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi Meniran dan echinacea.

Jika ada anak berdarah karena terjatuh, setelah lukanya dibersihkan kita bisa bubuhkan daun Babadotan, Ki Urat dan Antanan.

Ditambah empon-empon sekumpulan akar tanaman rempah yang penting seperti jahe, kunyit, lengkuas, temu lawak, dan beberapa lainnya

Karena itulah, sebaiknya kita menyiapkan tanaman obat keluarga jenis ini di rumah kita.

Fitria mengakui bahwa masih ada kendala dalam menanam obat keluarga yang dilakukan masyarakat, salah satunya minimnya pengetahuan dengan cara menanam dan budidaya, sehingga hasilnya jelek.

Selain itu, masyarakat kurang paham kualitas dan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi empon-empon.

“Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi empon-empon itu 9 hingga 10 bulan, kebiasaan warga, begitu melihat ada wujudnya langsung dikonsumsi walau belum 9 bulan, ini yang membuat obat tidak mujarab,” kata Fitria.

Selain obat-obatan untuk sakit ringan tersebut, ada banyak penyakit yang sering membutuhkan tanaman obat.

Ada 30 diagnosa penyakit yang sering membutuhkan obat herbal, seperti metabolisme sindrom, asam urat, penyakit degeneratif dan jantung.

“Kalau penyakit jantung, harus mengkonsumsi tanaman yang bisa meningkatkan fungsi jantung, seperti Sembung Legi, Pulih Pandak dan Temulawak,” ujar Fitria.

Karena itu jika ingin keluarga Anda mandiri dalam pengobatan herbal. Inilah jenis tanaman obat keluarga (Toga) yang wajib Anda tanam di pekarangan rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES