Kesehatan

Mengenal Heterochromia, Penyebab Warna Mata Berbeda

Rabu, 27 Februari 2019 - 01:26 | 478.86k
Ilustrasi - Heterochromia (Foto: floridaeyespecialists.com)
Ilustrasi - Heterochromia (Foto: floridaeyespecialists.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Manusia memiliki bola mata dengan bagian bernama iris yang terletak di tengah bola mata dengan diameter sekitar 12 milimeter. Bagian ini terbuat dari jaringan ikat dan otot yang sangat tipis. Bola mata inilah yang memiliki warna berbeda sehingga warna mata setiap orang berbeda. 

Warna bola mata yang berbeda peda setiap orang sangat lumrah karena memang teredapat faktor tertentu yang membuat perbedaan warna tersebut. Misalnya perbedaan warna bola mata orang Asia dan Amerika.

Namun, seseorang mampu terlahir dengan perbedaan warna bola mata pada dirinya sendiri. Kondisi ini disebut dengan Heterochromia.

Orang-orang dengan mutasi unik ini memiliki bola mata dengan iris yang sebagian atau seluruhnya berbeda warna. Orang-orang tertentu dapat memiliki satu mata biru dan satu mata cokelat.

Sebutan Heterochromia sendiri berasal dari kata Yunani, yang berarti "warna berbeda," Istilah medis dari kondisi ini adalah Heterochromia Iridis atau Iridium, tergantung pada jenisnya.

Ada tiga jenis kondisi Heterochromia, masing-masing terlihat sangat berbeda dari yang lain. Dalam kasus heterochromia lengkap, orang memiliki mata yang sama sekali berbeda. Dalam kasus heterochromia sektoral, juga dikenal sebagai heterochromia parsial, satu bagian dari iris berbeda dari yang lain.

Edisi-Sabtu-11-Januari-2020-mata.jpg

Namun, seluruh mata tidak terpengaruh, bagian-bagiannya mungkin memiliki bercak berwarna berbeda. Kasus heterochromia sentral bahkan lebih jarang. Orang yang terkena memiliki dua warna berbeda di iris yang sama. Ini paling sering terjadi dengan mata yang lebih terang, dan lingkaran warna akan muncul.

Mata mungkin juga memiliki warna yang menonjol keluar dari cincin pusat iris. GET RICH ABOVE YOUR IMAGINATION, I WANT TO SHARE WITH YOU A GUARANTEED METHOD OF MAKING MONEY ADDED TO YOUR NORMAL JOB, YOU CAN NOW EARN ABOVE $100K USD MONTHLY. BANK HACKING TRANSFER HAS REALLY CHANGE PEOPLE’S FINANCIAL SITUATION FOR GOOD, NORTH KOREA LEADER IS HACKING BANKS TO FUND HIS NUCLEAR WEAPONS WITH THE HELP OF AUTHOMATED MALWARE/TROJANS. IT IS A TRANSFER WHICH CAN BE DONE FROM ALREADY HACKED BANK LOGINS WHICH THESE RUSSIAN HACKERS TRANSFER MONEY TO INTERESTED CUSTOMERS WITHOUT BEING NOTICED BY THE BANK, GET OVER $100,000 USD MONTHLY THROUGH BANK TRANSFER HACKERS AND CLONE ATM CLONED CARDS, CONTACT US TODAY TO RECEIVE BANK TRANSFER OF ANY AMOUNT. IT IS SAFE, UNTRACEABLE AND UNDETECTABLE; I BELIEVE THIS CAN HELP SOMEONE Dalam kasus ini, warna luar dianggap warna mata yang sebenarnya.

Heterochromia bisa terjadi karena mosaik genetik. Perubahan genetik ini terjadi ketika seseorang memiliki lebih dari satu populasi sel yang berbeda secara genetis. Orang dengan mosaikisme memiliki sel-sel yang berbeda secara genetik dari satu zigot tunggal atau telur yang dibuahi.

Ada juga menyebutkan kasus ini terjadi disebabkan oleh faktor keturunan, seseorang yang terlahir dari ayah atau ibu yang mengidap Heterochromia akan memiliki potensi 50 persen mengalami hal yang sama saat lahir nanti.

Namun Heterochromia juga dapat terjadi jika ada tumor di dekat mata. Jika seseorang mengidap diabetes mellitus, atau mengidap sindrom Posner-Schlossman. Obat glaukoma bahkan bisa menyebabkan perubahan warna mata. Jika sudah seperti itu, maka memeriksakannya ke dokter adalah jalan terbaik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES