Kesehatan

Menjalankan Diet Sehat, Jangan Lewatkan 4 Nutrisi Penting Ini

Minggu, 02 Februari 2020 - 05:34 | 214.28k
ILUSTRASI - Diet Sehat. (FOTO: Tom Wang/Shutterstock)
ILUSTRASI - Diet Sehat. (FOTO: Tom Wang/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan diet yang dapat membantu menjaga berat badan tetap terkontrol. Dalam memilih menu makanan diet, Anda harus berhati-hati. Asupan makanan yang  masuk sangat terbatas sehingga memilih makanan diet yang tepat membantu Anda terhindar dari malnutrisi. Apa saja nutrisi penting saat diet?

Dilansir dari Halodoc, berikut nutrisi penting yang harus ada dalam menu diet Anda.

1. Kalsium

Tidak hanya untuk kesehatan tulang, kalsium juga wajib ada dalam makanan diet karena zat ini penting untuk jantung dan otot. Selain itu, kalsium yang terpenuhi dengan baik setiap harinya juga akan membantu menurunkan tekanan darah serta mengontrol berat badan. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalsium harian pun akan bertambah.

2. Serat

Serat wajib ada dalam menu makanan diet harian, sebab zat ini sangat baik untuk pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mengatur kadar gula darah. Serat pun banyak ditemukan dalam makanan yang rendah kalori, sehingga membantu mengatur berat badan. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Edisi-Senin-3-Februari-2020-diet.jpg

3. Protein

Protein juga merupakan nutrisi terpenting dalam keberhasilan program penurunan berat badan. Pastikan bahwa makanan diet yang Anda konsumsi mengandung protein yang tinggi. Sebab protein juga membantu meningkatkan proses metabolisme termasuk pembakaran lemak disamping fungsi utamanya yaitu mendukung pertumbuhan sel dan jaringan di dalam tubuh.

4. Lemak

Banyak orang menganggap lemak sebagai nutrisi yang perlu dijauhi ketika merencanakan diet demi menurunkan berat badan. Padahal, tidak semua lemak harus dihindari. Terdapat dua jenis lemak yang baik untuk menurunkan berat badan, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh tunggal bersifat menyehatkan dan mampu menurunkan kolesterol jahat, mengontrol kadar gula darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Lemak tak jenuh tunggal bisa ditemukan dalam kacang-kacangan (almond, mete, kacang tanah), minyak zaitun, alpukat, dan minyak wijen.

Sementara lemak tak jenuh ganda akan berfungsi dalam menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2. Omega-3 dan omega-6 merupakan contoh lemak tak jenuh ganda. Sumber lemak tak jenuh ganda misalnya kenari, selai kacang, pistachio, minyak zaitun, dan ikan salmon.

Itulah empat nutrisi penting yang harus ada dalam menu diet Anda. Selalu perhatikan makanan diet Anda agar tubuh tetap sehat dan berat badan tetap terjaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES