Kesehatan

Bukan Sekadar Hiasan, Ini Manfaat Tanaman di Rumah

Minggu, 07 November 2021 - 03:29 | 67.16k
ILUSTRASI - Memelihara tanaman di Rumah dapat membersihkan udara. (FOTO: Freepik/cookie_studio)
ILUSTRASI - Memelihara tanaman di Rumah dapat membersihkan udara. (FOTO: Freepik/cookie_studio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menanam bunga atau tumbuhan lain bisa membuat rumah menjadi lebih indah. Terlebih jika tanaman tersebut memiliki warna dan jenis yang beragam. Namun, tahukah Anda jika adanya tanaman di rumah bukan sekedar untuk hiasan. Memelihara tanaman di rumah juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tanaman di rumah?

1. Membantu Bernapas

Manusia bernapas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, namun tumbuhan dengan proses fotosintesis melakukan yang sebaliknya. Hal ini menjadi keuntungan utama dari memelihara tanaman di sekitar atau di dalam rumah.

Namun, perlu diingat bahwa tanaman memerlukan pencahayaan dari sinar matahari yang cukup untuk memaksimalkan proses fotosintesis. Proses fotosintesis ini berhenti saat malam hari di mana hampir semua tanaman mulai menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Maka akan berbahaya jika kita tertidur di sekitar tanaman saat malam hari.

2. Membersihkan Udara Rumah

Tanaman dalam rumah aFOTO: Freepik/racool_studio

Polutan dapat tersebar di mana-mana terutama di ruang terbuka, dan tidak menutup kemungkinan jika polutan udara dapat masuk ke dalam rumah. Penelitian oleh NASA menunjukkan bahwa tanaman dapat membersihkan udara di dalam ruangan dengan menangkap berbagai partikel polutan di udara.

Hal ini juga didukung oleh penelitian lanjutan yang menemukan bahwa tanaman dapat mengurangi kadar gas ozon yan dikeluarkan oleh alat elektronik rumah tangga dan kantor.

Berdasarkan penelitian tersebut jenis tanaman yang dipilih sebagai pembersih udara di dalam ruangan diantaranya adalah tanaman Spider Plant, Sirih Gading, dan Lidah Mertua. Tanaman tersebut dipilih karena perawatannya mudah untuk diletakkan di dalam rumah.

3. Mengurangi Risiko Gangguan Saluran Pernapasan

Gangguan saluran pernapasan erat kaitannya dengan kualitas udara, salah satunya dengan jumlah partikel debu di udara. Tanaman yang disimpan di dalam rumah ternyata juga dapat mengurangi partikel debu. Caranya dengan meningkatkan kelembapan udara, melalui penguapan air dari akar atau tanah yang tersimpan pada pot tanaman.

Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa tanaman gantung dapat mengurangi kadar debu di dalam ruangan hingga 30 persen dalam waktu sekitar tiga bulan.

4. Memperbaiki Kondisi Psikologis

Tanaman dalam rumahFOTO: Freepik/racool_studio

Berada di taman atau ruangan yang memiliki tanaman akan lebih menenangkan pikiran dan dapat memperbaiki mood.

Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), terdapat beberapa manfaat dari memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang, seperti mengurangi stress, meningkatkan rasa percaya diri, menennagkan pikiran, serta meningkatkan konsentrasi.

Itulah manfaat tanaman di rumah untuk kesehatan tubuh. Yuk, selalu rawat tanaman di rumah untuk mendapatkan manfaatnya tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES