Kesehatan

Angka Penderita HIV/AIDS di Blora Menurun

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:28 | 78.11k
Dinkes Blora beserta pihak terkait bersosialisasi turun ke jalan menyambangi para pengendara di seputaran Jalan Pemuda, Rabu (1/12/2021). (FOTO: Firmansyah/TIMES Indonesia)
Dinkes Blora beserta pihak terkait bersosialisasi turun ke jalan menyambangi para pengendara di seputaran Jalan Pemuda, Rabu (1/12/2021). (FOTO: Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLORA – Angka penderita HIV/AIDS di Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada tahun 2021 sebanyak 73 orang penderita. Jumlah ini mengalami penurunan, dibanding tahun 2020 yang menyentuh angka 176 orang.

Dari penderita sebanyak 73 orang, rinciannya yakni7 orang meninggal dunia, 16 penderita AIDS dan 57 penderita HIV. Hal ini dikatakan Edi Widayat selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora.

"Kasus AIDS sangat memprihatinkan. Setiap tahun mengalami kenaikan. Dan terbanyak Ibu rumah tangga," ujar Edi Widayat, di sela-sela kegiatan membagikan bunga, masker dan leaflet tentang pencegahan AIDS, dalam peringatan Hari AIDS Sedunia, Rabu (01/12/2021).

Peringatan-Hari-Aids-sedunia-2.jpg

Menurut Edi, meningkatnya HIV/AIDS disebabkan beberapa faktor, dimana orang terdekat dalam keluarga malah dominan menjadi perantara.

"Beberapa faktor penyebab kenaikan pengidap AIDS terbanyak, karena tertular dari pasangan suami dan akibat hubungan seks di luar nikah. Selanjutnya melalui kasus narkoba, ketika bayi baru lahir yang tertular akibat Ibu ODHA (Pengidap AIDS),” terangnya. 

Menyikapi hal tersebut, mantan Camat Todanan berupaya mencegahnya, melalui penyuluhan dan kunjungan ke lokasi potensi penularan di Kabupaten Blora. 

"Kami selalu memberikan penyuluhan melalui media elektronik, radio, leaflet dan pamflet. Kedua yakni unjungan ke lokalisasi/prostitusi, yang potensi penularan HIV AIDS. Selain itu, kami juga melakukan  survey setahun dua kali,” tuturnya. 

Edi menambahkan, AIDS ditularkan karena perilaku seks menyimpang. Karena itu, pihak Dinkes setempat mengimbau masyarakat agar memperkuat keimanan, agar terhindar dari penularan virus AIDS.

“Bagi warga pengguna narkoba, jangan menggunakan jarum suntik bergantian, karena berpeluang bisa menularkan penyakit HIV AIDS," tambahnya.  

Sekedar diketahui, tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Dinkes Blora beserta pihak terkait bersosialisasi turun ke jalan menyambangi para pengendara di seputaran Jalan Pemuda, Rabu (1/12/2021). 

Dalam sosialisasi tersebut, Dinkes dibantu Satlantas Polres Blora, bersama dengan ODHA (Penderita AIDS, red) membagikan bunga, masker, dan leaflet tentang pencegahan HIV/AIDS kepada para pengendara yang melintas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES