Kesehatan

Mana Pilihan Masker yang Baik Untuk Menahan Varian Delta dan Omicron Ya?

Jumat, 07 Januari 2022 - 00:25 | 58.01k
Seorang perawat mendaftar berdiri di antrean mencari untuk membeli masker wajah KN95 di luar Masataco, sebuah toko taco di Whittier, California.(FOTO: KXAN)
Seorang perawat mendaftar berdiri di antrean mencari untuk membeli masker wajah KN95 di luar Masataco, sebuah toko taco di Whittier, California.(FOTO: KXAN)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMasker yang mana yang baik bisa dipilih untuk menangkalnya masuknya virus Covid-19 ke dalam tubuh seiring semakin banyaknya muncul varian baru seperti Delta dan Omicron di tengah masyarakat dunia.

Pakar medis memang telah mendesak orang untuk mendapatkan vaksin sampai booster Covid-19 untuk perlindungan diri.

Namun pemakaian masker juga masih menjadi bahan pertimbangan utama, apalagi yang terakhir dengan hadirnya Omicron yang lebih mudah menyebar itu.

Spesialis Kedokteran Keluarga di Austin, Texas, Amerika Serikat, Dr. Erica Swegler, MD seperti dilansir di KXAN misalnya, mengatakan, kini masker kain, tidak akan bisa dihandalkan lagi. Mungkin, lanjut dokter keluarga Village Medical ini, masker kain dengan ditambahkan filter di dalamnya akan lebih baik jika tidak ada pilihan lain yang tersedia bagi seseorang.

MAskerDr Erica Swegler saat menunjukkan masker N95 dari kliniknya di pusat Austin. (FOTO:  KXAN)

Namun ia mengatakan, masker kain menjadi lebih usang dalam hal melindungi seseorang, jauh sebelum Omicron muncul di Central Texas dan Amerika Serikat.

"Varian Delta, entah bagaimana mampu menghindari penghalang (masker kain) itu dengan cukup baik, tapi itu tidak cukup. Entah bagaimana (virus) mampu menembus masker kain biasa," kata dokter yang memiliki pengalaman lebih dari 39 tahun di bidang medis ini.

Lalu masker yang baik yang bagaimana saat ini yang bisa menghadang masuknya virus ke dalam tubuh manusia, lebih khusus lagi buat Omicron yang mudah dan cepat menular itu.

Dia malah membagikan daftar tiga jenis topeng yang harus dicari dan dipakai orang sekarang untuk melawan Omicron, dimulai dengan opsi yang paling protektif

Ia kemudian memberikan daftar tiga jenis masker yang harus dicari dan dipakai oleh orang sekarang ini untuk melawan Omicron.

Dimulai dengan opsi yang paling protektif yakni :

1. N95

Masker ini adalah pilihan utama untuk melindungi orang dari varian Delta dan Omicron. Bahkan dia menyebut  sebagai masker terbaik dan mutlak, karena kedua talinya melingkari kepala dan sangat pas di wajah.

"Kuncinya adalah anda menginginkan sesuatu yang pas di wajah anda dan tidak meninggalkan celah,” katanya.

Namun, dia mencatat masker N95 harganya bisa lebih mahal dan sulit ditemukan orang, sehingga pilihan  berikutnya adalah:

2. KN95

Tali pengikat Masker KN95 beda dengan N95 meskipun sama-sama pas di wajah.

"Jika anda berada di pesawat mungkin, merekomendasikan KN95, yang memiliki penutup hidung yang benar-benar bisa turun melewati hidung dan sangat pas,” jelasnya.

Karena cocoknya kedua masker itu di wajah seseorang, maka Swegler merekomendasikan masker KN95 dan N95 sebagai pilihan karena bahan serta filtrasi yang ada di dalamnya.

Pilihan terbaik berikutnya adalah :

3. Masker bedah sekali pakai

Meskipun masker ini tidak menempati peringkat tinggi dalam daftarnya, namun Swegler mengatakan masker bedah sekali pakai ini tetap menjadi pilihan yang jauh lebih disukai daripada masker kain sederhana untuk melindungi orang sekarang dari Covid-19.

"Ini benar-benar akan kembali ke apa yang kita sebut model keju Swiss," katanya. 

"Kami membutuhkan banyak penghalang, yang mencakup tidak hanya vaksin pertama dan terutama, tetapi masker yang sesuai dan memakainya secara konsisten di hidung, mulut anda. Bukan sebagai pengikat dagu atau semacamnya. Plus, melakukan jarak yang tepat dan benar-benar membatasi paparan dalam ruangan pada saat ini untuk kelompok kecil, terutama jika anda tidak mengetahui status vaksinasi semua orang," ujar dia.

Nah, kini silahkan pilihan masker mana yang terbaik untuk anda, apakah N95, KN95 atau masker bedah sekali pakai karena kehadiran varian Covid-19 Delta, terutama Omicron yang cepat dan mudah menular itupun tidak bisa disangka-sangka.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES