Kesehatan

Budi Gunadi Sadikin: Omicron Tak Seganas Virus Sebelumnya

Senin, 24 Januari 2022 - 15:55 | 66.35k
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Setkab)
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menegaskan sebaran Omicron tidak terlalu mengkhawatirkan dan seganas virus sebelumnya. Hal itu diketahui dari catatan medis yang diterima Kemenkes.

Dia mengatakan, dari lebih 1.600 pasien Omicron yang terdata di Indonesia, hanya beberapa yang butuh bantuan oksigen. Kata dia, dengan catatan itu menunjukkan bahwa apa yang dilakukan Satgas Covid-19 di lapangan membuahkan hasil.

"Dari 1.600-an yang terkena Omicron, yang memang dirawat dan butuh oksigen hanya sekitar 20. Ini masih jauh dan sangat rendah dibandingkan Delta," kata Budi Gunadi Sadikin saat menggelar konfrensi pers di Jakarta, Senin (24/1/2022).

Lebih lanjut Menkes Budi menjelaskan, per hari ini (24/1/2022) total kasus Omicron mencapai 1.626 kasus. Terdiri dari PPLN 1.019, non PPLN 369 orang. Dia menjamin semua korban ditangani serius oleh tenaga kesehatan yang bertugas.

Kemudian, dia juga menyebut Wilayah Jabodetabek sebagai pusat sebaran Omicron, dengan temuan itu Kemenkes RI menerjunkan langsung satgas Covid-19 ke setiap RT RW. Mereka diminta untuk menghidupkan kembali posko-posko satgas.

"Paling banyak Omicron akan terjadi di DKI Jakarta dan Jabodetabek. Dalam dua pekan ke depan kita akan mempercepat booster di sana," pungkas Budi Gunadi Sadikin.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES