Kesehatan

Lima Bahan Alami Ini Ampuh Ringankan Tenggorokan Gatal

Minggu, 13 Februari 2022 - 09:04 | 149.34k
Ilustrasi gejala batuk. (foto: Pinterest)
Ilustrasi gejala batuk. (foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Musim pancaroba membuat sebagian orang mengeluh tentang tenggorokan gatal atau gejala batuk dan flu. Bila tak ditangani dengan cepat dan tepat, gejala bisa menimbulkan masalah-masalah baru di tenggorokan.

Tidak hanya obat-obatan yang beredar dipasaran yang dapat meringankan rasa gatal di tenggorokan. Sejumlah bahan alami dipercaya dapat mengurangi gejala batuk ini. Berikut bahan-bahan alami yang dapat meringankan di tenggorokan terasa gatal atasi gejala batuk.

1. Buah nanas

Bahan AlamiBuah nanas adalah obat alami ringankan gejala batuk berdahak. (foto: Pinterest)

Terasa gatal di tenggorokan terkadang menjadi gejala timbulnya batuk berdahak, buah nanas mengandung bromelain dan nanas dipercaya dapat menjadi obat batuk, termasuk batuk berdahak. Hal ini didukung dengan suatu studi yang menunjukkan bahwa kandungan bromelain dapat meredakan batuk dan mengurangi dahak di tenggorokan.

Sebagai obat batuk berdahak, bisa makan buah nanas secara langsung setelah dibersihkan dan dipotong-potong atau membuatnya menjadi jus.

2. Air garam

Air garam hanya digunakan untuk berkumur, bukan untuk diminum. Berkumur menggunakan air garam dapat mengurangi kelebihan dahak. Dahak berlebih inilah yang membuat tenggorokan terasa gatal dan mengganggu.

3. Kunyit dan susu

Campuran kunyit dan susu juga dipercaya dapat meredakan tenggorokan gatal. Caranya, rebus secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan. Minum setiap malam sebelum tidur. Selain susu, Anda juga dapat mencampur kunyit dengan air.

4. Madu

Tenggorokan gatal juga bisa dihilangkan dengan minum satu sendok madu, sebaiknya di pagi hari.

Salah satu studi menyebutkan, minum madu sama efektifnya dengan minum obat batuk tertentu untuk meredakan tenggorokan gatal disertai batuk.

Minum madu umumnya aman bagi orang orang di atas usia satu tahun dan tidak memiliki riwayat alergi madu.

Namun, jangan memberikan madu kepada bayi di bawah usia satu tahun karena bisa menyebabkan botulisme yang berbahaya bagi si kecil.

5. Air lemon hangat

Bahan Alami bAir lemon hangat bantu redakan sakit tenggorokan. (foto: Pinterest)

Air lemon hangat bisa mengurangi sakit tenggorokan, pilek dan batuk. Kandungan lemon adalah vitamin C dan antioksidan. Kandungan ini bisa meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh dan membantu menjaga selaput lendir tetap lembab.Selain itu lemon bisa mengatasi peradangan.

Anda perlu periksa ke dokter jika mengalami gejala serius seperti sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh, demam, kesulitan menelan, kesulitan bernapas, sampai terjadi pembengkakan di wajah.

Jika obat herbal tidak menyembuhkan tenggorokan gatal, sebaiknya anda periksa ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES