Kesehatan

Dokter Gigi UGM Bagikan Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Jumat, 22 April 2022 - 17:25 | 47.12k
Bau mulut ketika menguap (foto: hello sehat.com)
Bau mulut ketika menguap (foto: hello sehat.com)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG UGM, drg Suryono, PhD menjelaskan bau mulut saat puasa terjadi akibat berkurangnya produksi saliva atau air liur di dalam mulut.

Kondisi tersebut muncul karena saat puasa, aktivitas otot pengunyah tidak bekerja seperti saat tidak berpuasa. Saat berpuasa tubuh tidak memperoleh asupan makanan ataupun minuman untuk dikunyah.

"Ini berpengaruh pada produksi sekresi air ludah menjadi turun. Selain itu, saat puasa kan tidak makan menjadikan pergerakan otot menurun berakibat pada pembersihan alami sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut menurun," kata Suryono, Jumat (22/4/2022)

Penyebab bau mulut, sebutnya tidak hanya dikarenakan menurunnya produksi saliva saja. Namun, bau mulut juga berhubungan dengan status kebersihan mulut. Misalnya seberapa banyak plak maupun karang gigi.

"Bau mulut juga mengindikasikan adanya permasalahan kesehatan mulut, gigi, dan gusi.  Gigi tidak sehat berlubang, maupun mulut kering," tuturnya

Konsumsi  makanan yang berbau tajam  atau menyengat seperti bawang, pete, dan jengkol. Merokok juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut akibat kandungan tembakau didalamnya.

Ia menambahkan persoalan bau mulut terjadi bisa dikarenakan adanya manifestasi penyakit sistemik. Beberapa diantaranya seperti asam lambung, ginjal, dan diabetes.

Suryono menyampikan terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa dan terhindar dari persoalan bau mulut. Salah satunya dengan rutin menggosok gigi dengan benar.

Nah menyikat gigi dengan teknik yang benar dapat mencegah sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi sehingga tidak terakumuluasi menjadi plak atau karang gigi. Selain itu, tak kalah penting, bersihkan lidah yang bisa menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan.

Lalu hindari konsumsi makanan berbau menyengat dan kurangi merokok. Berikutnya untuk menghindari bau mulut saat puasa yaitu konsumsi makanan berserat. "Lalu  jangan lupa untuk melakukan pemerikasaan dan perawatan gigi ke puskesmas, klinik, dokter gigi secara rutin," papar Dekan FKG UGM, Suryono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES