Kesehatan

3 Olahraga yang Sebaiknya Dirutinkan agar Tetap Bugar 

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:46 | 90.86k
Kardio, salah satu olahraga rutin dapat menjaga tubuh tetap bugar. (FOTO: tonefotografia)
Kardio, salah satu olahraga rutin dapat menjaga tubuh tetap bugar. (FOTO: tonefotografia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar tak hanya dengan mengonsumsi makanan sehat, namun juga dibarengi dengan olahraga

Banyak olahraga yang dapat dilakukan. Namun setidaknya ada 3 olahraga yang patut dirutinkan agar tubuh tetap fit. Apa saja ya?

1. Kardio

Kardio salah satu jenis olahraga yang paling umum. Olahraga ini membantu menurunkan berat badan karena aktivitas olahraga ini mampu membakar lemak. Semakin tinggi intensitas kardio, maka semakin besar dkalori yangterbakar. 

Tak hanya membakar lemak, kardio juga dapat menguatkan otot jantung. Beberapa pilihan olahraga kardio yang dapat dilakukan adalah berenang, jalan cepat, jogging, bersepeda. 

Latihan kardio setidaknya dilakukan minimal 2 kali dalam sepekan engan intensitas 30-45 menit per sesi. 

2. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan berfungsi untuk membangun dan mengencangkan otot. Olahraga ini sebenarnya sangat sederhana dan dapat dilakukan kapan saja saat di rumah. Seperti sit-up, push-up. pull-up, squat dan lunge. 

Anda juga dapat melatih kekuatan dengan angkat beban. Gunakan barbel ataupun dumbell. Tappi sesuaikan dengan kemampuan ya, jangan dipaksa.

3. Latihan kelenturan

Melakukan latihan kelenturan juga dapat membuat tubuh tetap fit. Latihan ini perlu dirutinkan setiap hari karena dapat mencegah cedera hingga dapat menjadi pelindung dari berbagai penyakit menyulitkan seperti arthritis dan penyakit serius lainnya. 

Latihan kelenturan paling mudah adalah stretching yang dapat dilakukan saat bangun tidur. Anda juga dapat melakukannya sebelum olahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES