Kesehatan

5 Gerakan Stretching Ringankan Pegal Saat Bekerja

Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:40 | 55.81k
Ilustrasi peregangan atau stretching saat bekerja (Foto: iStock)
Ilustrasi peregangan atau stretching saat bekerja (Foto: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bekerja duduk berjam-jam di kantor tentunya membuat badan kaku dan pegal-pegal. Untuk mengatasinya, banyak orang melakukan peregangan atau stretching

Sayangnya banyak diantara pekerja kantoran yang tidak melakukan strecthing dengan tepat, sehingga tidak benar-benar menghilangkan pegal. 

Berikut gerakan stretching yang dapat dilakukan di meja kerja. 

1. Peregangan bahu

Gerakan stretching yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah peregangan bahu. Anda dapat meletakkan satu tangan di sekitar dada, dan gunakan tangan yang lain untuk memegang bagian siku dan tarik ke arah kepala.

Lakukan juga gerakan mengangkat bahu. Caranya angkat bahu hingga telinga bagian bawah, tahan beberapa detik dan lepaskan. Ulangi beberapa kali.

Selain itu, dapat juga melakukan triceps stretch, yaitu Angkat satu lengan dan tekuk hingga tangan menyentuh tulang belikat. Gunakan tangan satunya untuk menarik sikumu. Tahan posisi ini selama dua hingga tiga tarikan napas. Lakukan gerakan yang sama untuk lengan yang satunya.

Gerakan ini dapat mengurangi ketegangan dan memobilisasi bilah bagi dan punggung atas. 

2. Peregangan telapak tangan

Gerakan ini juga salah satu gerakan sederhada untuk mengatasi pegal saat bekerja. Caranya letakkan kedua tangan di atas meja, lalu perlahan turunkan tubuh hingga sejajar dengan lengan. 

3. Peregangan leher

Lakukan gerakan leher dengan memutar kepala ke arah bahu kanan dan kiri secara bergantian. Ingat gerakan ini memutar ya, bukan menghentak, jadi tidak ada bunyi yang ditimbulkan. 

4. Peregangan kaki

Selanjutkan gerakan peregangan kaki. Peregangan kaki juga harus dilakukan agar peredaran darah tetap lancar. 

Caranya duduk di kursi dan panjangkan satu kaki lurus ke depan. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, dan naikkan setinggi mungkin.

Selain cara tersebut Anda juga dapat berdiri di sebelah meja. Dengan bertumpu pada meja, ayunkan kaki ke depan dan belakang, serta ke samping secara bergantian kaki kanan dan kiri.

5. Rotasi

Gerakan ini dilakukan dengan duduk di kursi. Yaitu meletakkan siku di bagian depan sehingga lengan membentuk posisi bujur sangkar terhadap tubuh. Posisi ini dikenal juga dengan cossack. Lalu putar badan ke kiri dan ke kanan secara bergantian. 

Setelah melakukan stretching, badan akan terasa lebih nyaman, dan kembali semangat bekerja. Selamat mencoba TIMES Lovers. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES