Kesehatan

Terkenal Pahit, Inilah Manfaat Daun Sambiloto bagi Kesehatan

Rabu, 07 September 2022 - 06:04 | 54.77k
Terkenal Pahit, Inilah Manfaat Daun Sambiloto bagi Kesehatan
Daun Sambiloto dan obatnya. (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, MALANGDaun Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah tanaman yang mempunyai kandungan andrigrafolida yang sangat aktif. Zat tersebut bisa ditemukan di bagian daun dan batang Sambiloto. Zat Andrigrafolida memiliki sifat antiperadangan, antivirus, dan antibakteri.

Sambiloto juga mengandung banyak antioksidan sehingga sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Dalam hal ini, rupanya tumbuhan sambiloto mulai dari akar sampai daunnya dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional. Adapun zat aktif tannin bersifat astringen inilah yang menyebabkan daun sambiloto terasa pahit.

Sambiloto-a.jpgTanaman Sambiloto. (Foto: halodoc)

Berikut beragam manfaat daun sambiloto bagi kesehatan.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Daun sambiloto dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Tanaman ini membantu memperbaiki leukosit (sel darah putih) sehingga mampu melawan virus dan kuman.

2. Meredakan peradangan 
Zat antiradang dalam tanaman ini juga bisa dimanfaatkan dalam membantu meredakan peradangan seperti demam, nyeri, dan pembengkakan pada bagian tubuh yang meradang.

3. Mengontrol tekanan darah atau kesehatan jantung
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Chinese Medical Journal, daun sambiloto dinilai mampu mencegah pembentukan gumpalan dan penyempitan pembuluh darah. Tamanan ini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah lebih stabil. Namun, bagi yang memiliki riwayat hipertensi harus berhati-hati mengonsumsi tanaman ini bersamaan dengan obat hipertensi karena bisa menyebabkan efek samping seperti tekanan darah turun drastis.

4. Menurunkan demam

Sambiloto-b.jpg Daun Sambiloto Mampu Meredakan Demam. (Foto: theAsianparent)

Daun sambiloto dikenal sebagai obat alami untuk menurunkan demam. Hal tersebut karena kandungan antiradang dan antibakteri yang ada pada tumbuhan ini.

5. Menjaga kesehatan kulit 
Tanaman ini dapat membantu mengatasi gejala alergi di permukaan kulit dan mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

6. Mencegah diabetes 
Daun sambiloto juga mampu mencegah penyakit diabetes. Hal itu telah dibuktikan melalui sebuah penelitian (Indian Journal of Pharmacology) pada seekor tikus yang diberikan asupan lemak dan gula tinggi dan tanaman ini berhasil menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterolnya. 

Dari beberapa manfaat tersebut banyak pihak yang memang percaya sambiloto bermanfaat bagi kesehatan. Daun sambiloto bisa menjadi alternatif atau obat tradisional yang bisa dikonsumsi bagi kesehatan. Namun, tetap saja kita tidak boleh melakukan segala sesuatu secara berlebihan. Hal yang terpenting bagi kita adalah tetap memiliki pola hidup sehat setiap hari. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES