Kesehatan

Selain Air Kelapa Hijau, Bahan Ampuh Ini Ampuh Obati Sariawan

Senin, 03 Oktober 2022 - 06:11 | 268.24k
Ilustrasi Sariawan. (Foto: pexels.com/Fier)
Ilustrasi Sariawan. (Foto: pexels.com/Fier)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyebab pasti munculnya sariawan hingga saat ini belum diketahui. Tetapi sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam lebih berisiko muncul jika Anda sedang stres, terkena infeksi virus atau jamur, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin atau mineral.

Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, perubahan hormon, siklus Mestruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Di bawah ini bahan alamai dapat menyembuhkan sariawan.

Air Kelapa Hijau

Kelapa-Hijau.jpgFoto: Sehatq

Segarnya membayangkan meminum air kelapa hijau sambil bersantai di tepi pantai. Ternyata, bukan hanya rasanya yang menyegarkan, tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. Kandungannya tidak hanya ampuh menyembuhkan luka, tapi juga memiliki sifat pendingin dan mengatasi dehidrasi, sehingga dapat meredakan peradangan dan membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Tomat

Tomat juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sariawan. Kandungan vitaminnya yang cukup tinggi membantu menguatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat menghilangkan sariawan dengan lebih cepat. Selain mengonsumsinya dalam kondisi mentah untuk menanggulangi sariawan, bisa juga menggunakan jus tomat untuk berkumur, terutama di area rongga mulut yang menderita sariawan.

Madu

Madu.jpgFoto: iStockphoto

Madu dikenal memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Kandungan antibakteri di dalamnya membantu mengobati sariawan dan mencegahnya meradang semakin parah. 

Selain itu, madu juga punya kemampuan untuk mempercepat tumbuhnya jaringan sel baru yang terluka akibat sariawan. Cukup oleskan sedikti madu ke bagian mulut yang terkena sariawan, tapi jika ingin hasil yang lebih efektif coba campurkan dengan sedikit kunyit.

Daun Kemangi

Selain dijadikan sayur lalapan, daun kemangi juga dipercaya dapat mengobati sariawan dengan cepat. Caranya dengan mengunyah 12 lembar daun kemangi 3-4 kali sehari, dilanjutkan dengan meminum segelas air putih. Daun kemangi yang dianggap sebagai adaptogen atau anti stres menunjukkan kemampuannya untuk mencegah stres, yang menjadi penyebab munculnya sariawan.

Teh Hitam

Teh yang kaya akan antioksidan tidak hanya membantu menjaga kekebalan tubuh, tapi juga mengatasi sariawan dengan cepat. Pertama, seduh kantong teh lalu gunakan untuk mengompres area mulut yang terluka. Diamkan beberapa saat dan ulangi beberapa kali untuk hasil yang optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES