Kesehatan

4 Makanan Pembersih Darah, Maksimalkan Detoksifikasi Tubuh

Minggu, 09 Oktober 2022 - 08:28 | 52.74k
4 Makanan Pembersih Darah, Maksimalkan Detoksifikasi Tubuh
Sayur hijau membantu membersihkan darah. (Foto: Shutterstok)

TIMESINDONESIA, JAKARTADarah memiliki peran penting pada tubuh manusia. Darah berfungsi mulai dari mulai dari mengangkut oksigen, hormon, gula, lemak, sel ke sistem kekebalan tubuh.

Darah juga berfungsi untuk membantu membuang makanan dan racun dalam tubuh melalui hati dan ginjal. Proses pembuangan racun atau detoksifikasi ini harus dimaksimalkan agar tubuh bisa tetap sehat. 

Berikut makanan pembersih darah kotor yang membersihkan dan menyaring racun, dikutip dari beberapa sumber.

1. Brokoli
Jenis sayuran ini bisa membersihkan darah secara alami, sayuran ini juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Konsumsi brokoli secara teratur membantu detoksifikasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan. Kandungan antioksidan yang tinggi ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, sayuran ini kaya akan vitamin C, kalsium, asam lemak omega 3 hingga glukosinolat.

2. Buah-buahan Segar
Berbagai jenis buah segar seperti apel, pir, jambu biji dan plum memiliki serat pektin yang berguna dalam pembersihan darah. Buah-buah ini tidak hanya menghancurkan lemak berlebih dalam darah tapi juga membuang bahan kimia berbahaya atau racun dalam tubuh.

3. Sayuran Hijau
Sayuran seperti kangkung, selada, bayam, dan sawi bisa membantu aliran darah dalam tubuh berjalan dengan lancar. Sayuran hijau ini bertanggung jawab untuk meningkatkan enzim di hati yang membantu meningkatkan proses detoksifikasi darah.

4. Air Putih
Air putih menjadi salah satu pembersih darah yang paling umum dan sederhana. Ginjal akan mengeluarkan racun dari darah melalui urine, inilah yang menjadi salah satu faktor orang dewasa diwajibkan mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari.

Cara lain dari konsumsi air putih adalah dengan meminumnya secara hangat. Air hangat saat pagi hari saat perut kosong bisa membantu mendetoksifikasi darah dan merangsang proses pembuangan limbah dalam tubuh.

Selamat mencoba tips membersihkan darah, TIMES Lovers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES