Kesehatan

Salak, Buah Tepat Untuk Membantu Mencerahkan Kulit Anda

Kamis, 13 Oktober 2022 - 05:33 | 41.39k
Salak, Buah Tepat Untuk Membantu Mencerahkan Kulit Anda
Salak. (Photo: waewkidja/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTASalak merupakan buah yang memang sudah lazim ditemukan di Indonesia. Namun bagi beberapa orang yang pertama kali melihatnya akan merasa geli dengan bentuk kulitya yang mirip ular. Namun siapa sangka di balik penampilannya yang buruk rupa buah ini memiliki berbagai manfaat.

Tak hanya satu, namun salak mampu memberikan puluhan manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Buah ini diketahaui memiliki berbagai macam nutrisi termasuk vitamin B2, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi.

Beberapa kandungan lain seperti serat, beta karoten, flavonoid dan beberapa senyawa lain juga terdapat dalam buah ini. Nah manfaat apa saja yang kita dapat dengan mengkonsumsi salak? Yuk simak beberapa manfaat buah bersisik ini berikut dilansir dari Alodokter.

1. Membantu menurunkan berat badan

Salak diketahui memiliki kandungan serat yang cukup baik. Ha ini berguna bagi proses percepatan diet anda. Kandungan seratnya akan membuat anda yang Mengkonsumsi buah ini akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi konsumsi makanan berkarbborhidrat berlebih.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, antioksidan, karotenoid, dan likopen yang terkandung di dalamnya menjadi pendorong tubuh untuk membentuk sistem imun lebih kuat. Salak juga menjadi penangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan penglihatan

Beta karoten yang terdapat dalam salak membantu menjaga penglihatan dari resiko terjadinya katarak dan rabun senja. Hal ini berguna bagi anda yang bekerja di depan komputer sehari-hari. Meskipun tak sebanyak wortel kandungan betakaroten dalam salak digadang-gadag mampu menangkal beberapa penyakit yang sering menghalau mata.

4. Mencegah sembelit

Selama ini mitos yang beredar di masyarakat bahwa memakan salak dapat menyebabkan sembelit ternyata salah. Kandungan serat yang tinggi dalam buah salak akan membantu memelihara kesehatan usus dan lambung. Serat juga akan membuat kotoran yang diahailkan dari makanan lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

5. Mencerahkan kulit secara alami

Kandungan vitamin C dan flavonoid diduga menjadi biang yang bisa membantu kullit anda semakin cerah saat mengkonsumsi salak. Senyawa-senyawa yang terdapat dalam salak ini terbukti efektif menekan produksi melanin sehingga sering ditemukan dalam bahan dasar krim pemutih kulit.

Masih banyak lagi kegunaan salak bagi kesehatan tubuh kita selain yang disebutkan diatas. Seperti mencegah penyakit kanker, mengontrol kadar asam urat, dan menekan diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan daya ingat. 

Namun beberapa manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan manfaat salak bagi kesehtana tubuh manusia. Namun hal ini tak lantas membaut buah unik ini untuk tidak disajikan di meja makan anda.  Bahkan buah ini sangat sempurna jika disandingkan dengan pisang untuk sarapan pagi. 

Pakar kesehatan dari Allodokter menganjurkan anda untuk mengkonsumsi buah-buhan ini setidaknya 2-3 porsi per hari. ingat untunuk selalu menjaga gizi berimbang. segala seuatu yang berlebih tentunya tak baik untuk kesehatan. 

Nah bagaimana? Setelah mengetahui beberapa manfaat salak, apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi buah bersisik ini?. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES