Kesehatan

Hanya 15 Menit Berjalan Rutin Setiap Hari Bisa Menjaga Daya Ingat Lho

Minggu, 16 Oktober 2022 - 03:56 | 43.76k
Hanya 15 Menit Berjalan Rutin Setiap Hari Bisa Menjaga Daya Ingat Lho
Berjalan rutin setiap hari meski tidak harus dengan intensitas tinggi akan membantu menjaga daya ingat otak kita. (FOTO: Twimg.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berapa lama berolahraga yang anda butuhkan sehari untuk menjaga daya ingat anda tetap tajam? Ternyata tidak sesering yang anda bayangkan, hanya 15 menit saja berjalan, ya rutin berjalan kaki.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak manfaat kita berolahraga, dan ada kabar baiknya, bahwa ternyata tidak perlu melakukan latihan intensitas tinggi untuk mendapatkan manfaat kesehatan mental.

Menurut sebuah studi baru, efek aktivitas fisik pada volume otak paling menonjol ternyata pada tingkat aktivitas fisik yang rendah.

Penulis studi mencatat bahwa hanya berjalan 15 menit per hari atau naik tangga alih-alih lift bisa berdampak positif pada otak.

Hasil menunjukkan bahwa membuat perubahan kecil seperti ini dan melakukan olahraga ringan akan sangat membantu dalam menjaga pikiran anda tetap tajam.

Apa hubungan antara kesehatan otak dan olahraga?

Aktivitas fisik memang bermanfaat untuk kesehatan anda secara keseluruhan, termasuk fungsi kognitif.

“Anda adalah seorang insinyur genetika, dan apa yang anda lakukan mengubah gen mana yang dihidupkan atau dimatikan dalam tubuh anda,” kata Michael Roizen, MD , kepala petugas kesehatan emeritus di Klinik Cleveland, pendiri aplikasi Reboot Your Age yang juga penulis The Great Age Reboot: "Memecahkan Kode Umur Panjang untuk Masa Depan yang Lebih Muda".

"Aktivitas fisik yang menekan otot tidak hanya baik untuk jantung, pembuluh darah, atau otot anda, tetapi juga mengaktifkan gen di otot anda yang menghasilkan irisin yang melintasi penghalang darah-otak dan meningkatkan ukuran dan koneksi pusat memori otak anda," katanya seperti dilansir di Parade.com.

Oleh karena itu, melakukan aktivitas fisik secara teratur yang anda sukai (jika anda tidak suka berjalan kaki, anda bisa bermain dengan anak atau cucu anda, apakah itu pingpong atau apa pun yang anda suka), akan mengurangi stres, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru.

"Namun, mungkin manfaat kebugaran fisik yang paling diremehkan adalah dampaknya terhadap kesehatan otak," tambah Dr. Roizen.

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang konsisten, penelitian menunjukkan bahwa hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk belajar dan memori, manfaat dan kognisinya meningkat.

John Gardner, salah satu pendiri dan CEO Kickoff menambahkan, salah satu metode termudah untuk menambahkan olahraga ke rutinitas harian anda adalah melakukan tugas sehari-hari dengan cara yang lebih sehat.

“Ini bisa termasuk menaiki tangga alih-alih naik lift, bersepeda ke tempat kerja atau bahkan berbelanja bahan makanan dengan berjalan kaki. Ini membantu memastikan bahwa anda melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian anda tanpa harus mengalokasikan waktu dan energi untuk berolahraga," kata Gardner.

Tip bagus lainnya yang bisa sangat mudah diikuti adalah mondar-mandir saat berbicara di telepon atau selama rapat virtual.

"Alih-alih duduk di depan layar atau di meja selama rapat, anda bisa menerima panggilan atau rapat virtual di perangkat seluler dan berjalan selama rapat," kata Gardner lagi.

Anda akan terkejut bila mengetahui bahwa anda telah mendapatkan lebih dari 10.000 langkah per hari dan berhasil menambahkannya selama hari kerja Alanda tanpa melakukan upaya ekstra.

Hal lain yang direkomendasikan Dr. Roizen agar memperoleh dampak positif pada kesehatan otak anda adalah:

Dapatkan setidaknya 10.000 langkah setiap hari atau setara dengan itu
Setara dengan sekitar satu menit aktivitas fisik, seperti bersepeda, yang setara dengan 100 langkah.

Penelitian menunjukkan bahwa orang berusia 55 tahun ke atas dengan kesulitan berkonsentrasi, membuat keputusan, atau mengingat dapat membalikkan waktu sekitar sembilan tahun dengan melakukan latihan aerobik, seperti berjalan kaki atau bersepeda, selama 35 menit tiga kali seminggu. Jadi, bergeraklah!

Menambahkan latihan yang lebih intens juga membantu mengaktifkan gen yang menghasilkan irisin yang kemudian melepaskan protein yang disebut BDNF, faktor neurotropik yang diturunkan dari otak yang menumbuhkan hippocampus anda.

Perlahan-lahan masukkan kardio ke dalam rencana kebugaran anda dan bekerjalah dengan dokter anda untuk menemukan apa yang mungkin cocok untuk anda.

Ini termasuk berlari , berenang atau bersepeda, dengan intensitas yang cukup untuk meningkatkan detak jantung anda tiga kali seminggu selama 20 menit hingga setidaknya 80 persen dari detak jantung maksimum yang disesuaikan dengan usia anda (sekitar 220 dikurangi usia anda untuk pria dan wanita) telah menunjukkan untuk mengurangi kecacatan, demensia dan bahkan kematian.

Tetapi aktivitas fisik bukan satu-satunya hal yang harus dilakukan untuk kesehatan otak yang baik.
Habiskan lima sampai sepuluh menit sehari terlibat dengan permainan untuk menantang pikiran.

Karena saat otak secara konsisten bekerja dengan strategi, logika, dan teka-teki, baik melalui latihan atau kecepatan pemrosesan permainan otak, itu juga akan mendorong pertumbuhan neuron, koneksi, dan hippocampus, yang artinya daya ingat otak kita akan tetap tajam selain dengan berjalan kaki secara rutin 15 menit setiap hari tadi. Nah, sangat mudah kan cara menjaga daya ingat agar tetap tajam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES