Kesehatan

Tiga Tips Atasi Susah Tidur Malam

Sabtu, 21 Januari 2023 - 03:31 | 88.82k
Ilustrasi - Susah tidur (FOTO: alodokter)
Ilustrasi - Susah tidur (FOTO: alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTATidur malam yang nyenyak memang bisa membuat banyak perbedaan pada hari-hari kita. Membuat kita merasa segar dan siap menghadapi apa pun yang terjadi dalam hidup.

Namun bagaimana jadinya bila kita kesulitan untuk tertidur. Tentu rasanya akan sangat menegangkan dan membuat frustrasi, dan tentu saja keesokan harinya hal itu akan memengaruhi suasana hati dan kinerja.

Menurut sebuah survei yang dilakukan Get Laid Beds, seperlima orang di Inggris membutuhkan waktu antara dua hingga tiga jam untuk tertidur sejak mereka naik ke tempat tidur, dan ini tidak ideal.

Karena itu jika tidak bisa segera tidur, ada tiga tips dan trik dari seorang dokter, Daisy Mae di Layanan Kesehatan Nasional Inggris, NHS yang mungkin patut kita coba lakukan. 

Daisy Mae telah membagikan tiga tip yang tidak banyak diketahui bagi mereka yang membutuhkan sedikit bantuan dan dia mengklaim bahwa trik ini akan membuat kita tertidur hanya dalam beberapa menit.

Tips ini tidak biasa, begini:

1. Menjaga agar mata kita tetap terbuka saat sudah berbaring di tempat tidur

Mungkin tampaknya ini agak berlawanan dengan intuisi. Tetapi itulah intinya.

Pakar itu mengklaim kita harus memaksakan diri untuk tetap terjaga karena itu akan mengelabui pikiran kita untuk melakukan yang sebaliknya.

"Sebenarnya ada ungkapan untuk menggambarkan ini, yang disebut 'niat paradoks', dimana kita menantang diri sendiri untuk tetap terjaga dan itu menipu pikiran untuk tertidur," katanya seperti dilansir The Mirror.

Tidur.jpgIlustrasi - Tidur nyenyak (Foto: shutterstock)

"Yang perlu dilakukan hanyalah berbaring di tempat tidur, buka mata kita sekuat kita dan lakukan terus dengan kalimat "jangan tertidur" atau "saya tidak akan tertidur".

"Maka otot matamu akan cepat lelah, dan mudah-mudahan kamu akan tertidur dalam waktu singkat," ujarnya.

2. Melakukan teknik pernapasan yang dikenal sebagai metode 4-7-8.

Untuk melakukan ini, kita letakkan lidah kita ke langit-langit mulut selama seluruh latihan, tepat di belakang gigi kita.

"Kemudian, hembuskan melalui mulut anda. Mungkin akan membuat sedikit suara aneh, tapi gulunglah dengan itu," kata Deasy Mae.

"Selanjutnya tutup mulut dan tarik napas melalui hidung selama empat detik. Kemudian tahan napas selama tujuh detik," katanya lagi.

"Setelah 4-7 selesai , kita ke 8. Buang napas melalui mulut anda, buat suara aneh lagi, selama delapan detik. Ulangi ini sampai anda tertidur lelap," paparnya.

3. Memikirkan kembali peristiwa hari itu.

Deasy Mae mengklaim,  menjalani hari kita mundur bisa membuat perbedaan besar ketika mencoba untuk tertidur.

Jalankan apa yang terjadi pada hari-hari anda saat anda berbaring di tempat tidur, dan lakukan mulai dari tidur di malam hari, hingga bangun di pagi hari.

"Lakukan semuanya dalam urutan terbalik. Ini akan membuat pikiran anda bersih dari kekhawatiran apa pun, dan itu akan sedikit lebih menantang dan biasa daripada menjalankan hari anda dalam urutan yang benar," tambahnya.

Nah, itulah tiga trik dari dokter ahli, Dr Deasy Mae dari NHS Inggris, bagaimana kita yang kesulitan untuk memulai tidur mala hari, untuk segera tertidur lelap. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES