Kesehatan

8 Tips Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Jumat, 10 Februari 2023 - 03:22 | 286.41k
Menjaga asupan makanan menjadi salah satu tips diet sehat untuk menurunkan berat badan. (FOTO: Halodoc)
Menjaga asupan makanan menjadi salah satu tips diet sehat untuk menurunkan berat badan. (FOTO: Halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTATips diet sehat untuk menurunkan berat badan bisa menjadi hal penting bagi orang dengan kelebihan berat badan. Memiliki berat badan berlebihan memang tidak sehat. Selain itu, berat badan berlebih juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut tips diet sehat agar bisa menurunkan berat badan yang bisa dilakukan.

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memberikan energi yang diperlukan tubuh. Sarapan bisa membuat merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk ngemil dan makan berlebihan pun berkurang.

2. Makan Secara Perlahan

Kecepatan makan akan memengaruhi seberapa banyak makanan yang masuk sehingga memungkinkan bertambahnya berat badan. Penelitian juga menyebutkan jika makan secara perlahan bisa mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi saat makan. Selain itu, cara ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan sehat.

3. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi dari dehidrasi. Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak yang membuat porsi makannya tidak teratur tanpa disadari.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Makanan yang mengandung serat larut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat larut ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara, dan oat.

5. Hindari Minuman Manis

Minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan. Dalam menjalankan diet cepat kurus, disarankan untuk menghindari konsumsi minuman manis dan berkalori tinggi.

6. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Dilansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, meningkatkan konsumsi protein sebanyak 15-30% membuat kita mengonsumsi lebih sedikit kalori dalam sehari. Dengan begitu porsi makanan yang kita santap per hari pun akan menurun. Cara ini bisa membantu menurunkan berat badan kita.

7. Rutin Berolahraga

Selain menjaga asupan makanan, juga disarankan untuk rutin berolahraga apabila ingin menurunkan berat badan. Olahraga kardio dan olahraga yang melatih ketahanan tubuh, seperti angkat beban, merupakan pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

8. Tidur Cukup

Tips diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah tidur cukup. Kurang tidur akan mengganggu regulasi makan, yakni meningkatkan nafsu makan sehingga menghasilkan peningkatan asupan kalori dan penambahan berat badan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES