Kesehatan Info Haji 2023

Parsiapan Berangkat Haji 2023, Ini Tips Jaga Kesehatan agar Fisik Tetap Fit

Minggu, 26 Februari 2023 - 07:00 | 136.94k
Ilustrasi ibadah haji.
Ilustrasi ibadah haji.
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebaran kuota jemaah calon haji 2023 per provinsi sudah ditetapkan. Berbagai persiapan perjalanan ibadah haji 2023 juga terus dilakukan berbagai pihak. Termasuk, jemaah calon haji yang masuk daftar berangkat ke Tanah Suci.

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan, adalah fisik atau kesehatan jasmani. Pasalnya para jemaah calon haji harus tinggal lama di Makkah dan Madinah, termasuk banyak kegiatan fisik yang harus dijalankan selama menjalankan ibadan di Tanah Suci. Belum lagi, perbedaan suhu yang jauh dengan Indonesia. Maka, persiapan fisik bagi jemaah yang akan berangkat haji 2023 perlu diperhatikan mulai sekarang agar dalam menjalankan rukun Islam kelima berjalan lancar. 

Berikut adalah langkah mudah persiapan fisik sebelum melaksanakan ibadah haji yang bisa dilakukan di tanah air.

1. Olahraga Teratur

Pelaksanaan ibadah haji, menuntut kesiapan fisik yang prima agar serangkaian ibadah yang harus dijalankan dapat terlaksana maksimal.
Di Tanah Suci, jemaah akan sedikit istirahat dan banyak  melakukan jalan kaki.  Dari berbagai referensi, idealnya para jemaah calon haji memerlukan waktu tiga bulan untuk mempersiapkan fisik sebelum berangkat haji, seperti dengan olahraga. Bagi yang akan berangkat haji 2023, persiapan fisik bisa dilakukan mulai sekarang.

Jenis olahraga sederhana yang dianjurkan dilakukan dengan rutin, adalah mulai dari jalan pagi, renang, hingga bersepeda. Dengan rutin berolahraga, tubuh tidak menjadi lebih segar atau mengontrol tekanan dan gula darah, namun juga dapat membiasakan tubuh untuk bergerak secara teratur dan tidak kaget saat melaksanakan rangkaian ibadah haji kelak.

2. Menjaga Pola Makan

Banyak jemaah haji 2023 yang berusia 40 tahun ke atas. Usia ini merupakan fase seseorang berpotensi banyak mengidap penyakit, mulai dari darah tinggi, diabetes, ginjal, atau rematik. Untuk itu, para jemaah haji harus mulai menjaga pola makan mereka dengan benar supaya kondisi bisa selalu fit. Metabolisme tubuh yang baik dipengaruhi oleh asupan makanan yang baik.

Calon jemaah haji 2023, perlu menjaga jenis asupan makanan yang masuk ke tubuh. Bagi mereka yang memiliki pantangan makanan tertentu, jangan lupa mencatat menu yang menjadi pantangan. Kurangi lemak dan perbanyak serat. Semua ini dilakukan agar penyakit tersebut tidak kambuh saat berangkat atau saat sudah berada di Tanah Suci.

3. Beristirahat yang Cukup

Selama melakukan persiapan ibadah haji, pastikan juga untuk mendapat waktu istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk bekerja atau beraktivitas jika sudah merasa kelelahan. Bila tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, kondisi kesehatan mengalami gangguan menjelang jadwal keberangkatan haji 2023 hingga saat sedang menunaikan ibadah.

Jadi, segera perbanyak waktu istirahat atau perbaiki jam tidur sebelum melangsungkan perjalanan haji. Para jemaah haji bisa memanfaatkan waktu perjalanan menuju Arab Saudi untuk istirahat agar badan tetap fit dan sehat.

4. Cek Kesehatan

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk calon jemaah haji 2023  juga penting dilakukan. Diskusikan keluhan kesehatan kepada dokter untuk mengatasi dan membuat kondisi fisik selalu baik. Jangan menyepelekan pemeriksaan secara menyeluruh, karena mengidap sakit saat ibadah di Tanah Suci berpotensi membuat ibadah haji berjalan tak lancar. Selain itu, bawa juga obat-obatan pribadi selama melakukan ibadah haji supaya kondisi bisa semakin fit. 

Cek kesehatan bagi yang akan menunaikan ibadah haji 2023, penting agar persiapan fisik dari sekarang dapat dilakukan dengan maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES