Kesehatan Info Haji 2023

Jemaah Demam Usai Puncak Haji, Coba Lakukan Ini

Selasa, 04 Juli 2023 - 21:03 | 188.51k
Suasana Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. (FOTO: MCH 2023)
Suasana Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. (FOTO: MCH 2023)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, MAKKAHSebagian jemaah mengalami demam usai melalui puncak haji. Yakni setelah menjalani rangkaian ibadah di Aradah, Muzdalifah dan Mina. 

"Demam umumnya akan turun dengan sendirinya dalam beberapa hari. Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh lebih tinggi dari normal. Demam muncul sebagai respons alami tubuh terhadap infeksi. Munculnya demam ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus, bahkan reaksi alergi, " tegas dr. H. Tejo Katon, petugas PPIH Arab Saudi, Selasa (4/7/2023).

Advertisement

Dijelaskan dr. H. Tejo Katon, ada beberapa cara menurunkan demam yang bisa dilakukan jemaah haji coba di hotel, antara lain:

1. Minum banyak caira

Konsumsi banyak cairan saat demam sangat penting, karena air dapat membantu mengatur suhu tubuh, membuang bakteri dan virus, serta membuat tubuh bekerja dengan lebih lancar.

Selain itu, cairan juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi saat demam. Perlu diingat, semakin tinggi demam yang diderita, semakin tinggi pula risiko dehidrasi. Jadi, pastikan jemaah haji tidak lupa untuk minum lebih banyak cairan apalagi cuaca di Makkah cukup panas.

2. Istirahat yang cukup

Demam menandakan bahwa sistem imun di tubuh kita sedang memerangi bakteri atau virus penyebab infeksi. Nah, agar sistem imun tubuh meningkat, diperlukan istirahat dan tidur yang cukup.

3. Kenakan pakaian yang nyaman.

Banyak jamaah haji yang beranggapan bahwa melapisi tubuh dengan selimut tebal saat demam dapat mengeluarkan keringat dan mempercepat penurunan suhu tubuh.

Namun faktanya, hal ini tidak memiliki manfaat apa pun bagi tubuh. Jadi, gunakan pakaian yang menyerap keringat, agar panas tubuh tidak terperangkap dalam pakaian.

" Apabila belum turun juga, silakan untuk minum obat penurun panas dan ingat jangan lupa berdoa, " terang dr. H. Tejo Katon yang juga Ketua PW FKAPHI (Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia ) Wilayah DIY. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES