Kesehatan

Dinkes Pacitan Nyatakan Belum Ada Temuan Baru Kasus Antraks

Senin, 17 Juli 2023 - 18:07 | 210.91k
Plt Kepala Dinkes Pacitan dr Daru Mustikoaji. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Plt Kepala Dinkes Pacitan dr Daru Mustikoaji. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan (Dinkes Pacitan) dr Daru Mustikoaji menyatakan sampai detik ini belum ada temuan baru kasus antraks

Menurutnya, Pacitan merupakan daerah endemis antraks. Diketahui sebelumnya, beberapa puskesmas yang melaporkan temuan kasus antraks antara lain Sudimoro, Gondosari, Ketrowonojoyo dan Puskesmas Nawangan.

Bahkan, sejak temuan 7 kasus suspek antraks di Kecamatan Kebonagung dan Punung yang hasil uji lab dinyatakan negatif beberapa waktu lalu, kini angkanya juga belum bertambah. 

"Untuk antraks pada manusia belum ada update. Terakhir yang kemarin negatif," kata dr Daru, Senin (17/7/2023). 

Pihaknya menegaskan, penularan antraks dapat dicegah dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan membiasakan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir usai beraktivitas di luar ruangan.

Di samping itu, edukasi dan penyuluhan tentang penyakit antraks maupun cara penularannya kepada manusia sejauh ini gencar dilakukan. 

"Pencegahannya dengan budaya pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," terang dr Daru. 

Meski saat ini tidak ditemukan kasus antraks terbaru, namun penyakit yang bersumber dari binatang zoonosis tersebut patut diwaspadai. 

"Mohon masyarakat berhati hati dalam mengkonsumsi maupun apabila berkegiatan yang berhubungan dengan hewan ternak," pesan Plt Kepala Dinkes Pacitan dr Daru Mustikoaji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES