Kesehatan

6 Manfaat Jamu Kunyit Asem bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 25 Juli 2023 - 00:31 | 171.37k
Kunyit Asem. (Foto: Edgunn)
Kunyit Asem. (Foto: Edgunn)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jamu Kunyit Asem merupakan salah satu minuman herbal tradisional yang sangat populer di Indonesia. Ramuan alami ini telah digunakan secara turun temurun sebagai obat alami untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahan utamanya adalah kunyit segar dan asem, yang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Kunyit, bahan utama dalam Jamu Kunyit Asem, adalah sejenis rimpang yang memiliki warna kuning cerah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mengandung senyawa aktif yang bernama kurkumin. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Selain itu, kurkumin juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan melindungi organ hati.

Sementara itu, asem atau tamarind juga merupakan bahan yang tak kalah penting dalam Jamu Kunyit Asem. Asem mengandung vitamin C, vitamin B, serat, serta berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Nutrisi ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mendukung kesehatan tulang, meningkatkan fungsi pencernaan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Manfaat Jamu Kunyit Asem bagi Kesehatan

  1. Mengatasi Radang Sendi: Kandungan antiinflamasi dalam kunyit membantu meredakan peradangan pada sendi, sehingga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan membantu mengatasi masalah pada sendi seperti arthritis.
  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Kombinasi kunyit dan asem membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih kuat melawan infeksi dan penyakit.
  3. Menyehatkan Pencernaan: Asem mengandung serat yang baik untuk pencernaan, sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.
  4. Meningkatkan Kesehatan Hati: Kandungan kurkumin dalam kunyit diyakini dapat membantu melindungi hati dan meningkatkan fungsi hati.
  5. Menjaga Kecantikan Kulit: Kandungan antioksidan dalam kunyit membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit, sehingga membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.
  6. Mengatasi Gejala PMS: Bagi wanita, Jamu Kunyit Asem dapat membantu mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti perut kembung dan nyeri.

Cara menyajikan Jamu Kunyit Asem cukup sederhana. Kunyit segar dan asem direbus dengan air, kemudian ditambahkan pemanis alami seperti madu atau gula aren sesuai selera. Minuman herbal ini dapat dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin, tergantung selera masing-masing.

Sebagai minuman herbal tradisional Indonesia, Jamu Kunyit Asem memiliki warisan budaya yang kaya dan telah diwariskan dari generasi ke generasi. Banyak orang Indonesia mengandalkan minuman ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan alami.

Meskipun kini banyak tersedia berbagai produk kesehatan modern, minuman herbal tradisional seperti Jamu Kunyit Asem tetap menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan secara alami dan menghargai warisan budaya nenek moyang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES