Kesehatan

Market Leader Body Scrub, Shinzu'i Perluas Produk Hadirkan Exfoliating Gel

Jumat, 22 September 2023 - 23:52 | 100.15k
Booth Shinzu'i diserbu pengunjung dalam acara The Girl Fest Surabaya 2023 di Tunjungan Plaza, Jumat (22/9/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Booth Shinzu'i diserbu pengunjung dalam acara The Girl Fest Surabaya 2023 di Tunjungan Plaza, Jumat (22/9/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Industri perawatan tubuh masih mengandalkan lulur dan scrub sebagai produk exfoliating utama. Shinzu'i merupakan salah satu pemain di segmen ini sejak kali pertama hadir di Indonesia.

Sukses dengan sabun mandi (body wash) dan body scrub andalan, pabrikan mulai mengembangkan produk dengan target market lebih luas menyasar generasi muda. Produk tersebut bernama Glow Spa.

Body exfoliating gel ini digadang mampu menyaingi produk-produk Shinzu'i sebelumnya. Brand Manager Shinzu’i, PT Bina Karya Prima, Fiona Indriani Ranti, mengungkapkan bahwa potensi pasar Glow Spa masih sangat besar karena belum banyak pemain di segmen produk ini. 

Apalagi Shinzu'i sebelumnya juga sudah memiliki produk body scrub di mana mampu membuktikan sebagai market leader.

Demikian pula secara performance produk. Glow Spa diklaim tak kalah manfaat dengan body scrub. 

Kehadiran Glow Spa akan melengkapi produk lainnya. Lebih praktis dan lebih wangi dengan kandungan aroma buah. Terbukti, antusias market cukup besar. Baik di platform market place maupun toko offline.

"Sejauh ini penjualannya cukup baik kalau kita lihat di e-commerce," kata Fiona saat acara The Girl Fest Surabaya di Tunjungan Plaza, Jumat (22/9/2023).

Exfoliating gel ini sekaligus menjadi alternatif pengguna setia Shinzu'i. Fiona memaparkan, pasar scrub memang terus bertumbuh. Namun secara penetrasi masih belum sebesar body lotion.

Market body lotion dan market sabun mandi ada di sekitar angka 80 persen. Sedangkan body scrub masih di angka 40 persen.

"Makanya kita juga kasih alternatif supaya makin banyak orang-orang yang pakai scrub karena penting untuk mencerahkan kulit," tuturnya.

Berdasarkan catatan Shinzu'i, market share produk scrub berada di angka 60 persen. 

"Secara pasar kita sudah menguasai untuk scrub. Tapi memang secara penetrasi belum sebesar itu. Jadi kita masih mau meningkatkan potensi market scrub," jelasnya.

Pasar scrub untuk produk Shinzu'i di Jatim memberikan kontribusi di angka belasan persen. Fiona optimistis mendongkrak di angka 20 persen. 

Sedangkan Jabodetabek merupakan kontributor penjualan terbesar. Ia menargetkan dapat mendorong pertumbuhan market scrub naik 5-10 persen secara nasional.

"Karena memang kita lihat juga, skincare itu kompetisinya ketat tapi memang kebanyakan lebih ke muka. Perawatan body memang banyak pemainnya, cuma memang nggak seagresif muka. Jadi kita melihat masih berpotensi di situ," terang Fiona.

Strategi perusahaan untuk mendorong angka penjualan scrub antara lain dengan melakukan campaign seperti spa cation di Malang beberapa waktu lalu.

Acara ini mengenalkan pentingnya menggunakan scrub di samping sabun. Kemudian memanfaatkan pameran seperti ajang The Girl Fest Surabaya 2023. 

Untuk memasarkan exfoliating gel Glow Spa, Shinzu'i juga menggunakan strategi serupa. Antara lain menggunakan komunikasi secara digital marketing dan terlibat aktif mengenalkan manfaat scrub kepada Generasi Z. 

Bagikan Resep Glowing 

Dalam kesempatan di The Girl Fest Surabaya 2023, Shinzu'i juga membagikan tips kulit glowing bersama Celebrity Chef Olivia Tommy dan Skin expert, dr. Leni Kumalasari, dipl.AAAM.

Chef Olivia banyak berbagi kisah kesehatan kulit melalui perawatan tubuh dari luar maupun dalam lewat konsumsi makanan sehat.

Bagi Chef Olivia, merawat kulit juga merupakan cara amempraktekan self-love dalam kehidupan sehari-hari. 

Bagi banyak perempuan, rutinitas perawatan kulit dapat menjadi momen menyenangkan untuk dinikmati dan memanjakan diri sendiri.

"Aku memilih cara yang simple, praktis dan pastinya harus menyenangkan, yaitu dengan me time merawat diri dan quality time bersama orang-orang terdekat," kata Olivia.

Dia juga suka memanjakan diri dengan spa karena dapat membantu lebih rileks dan rajin eksfoliasi kulit yang membuat kulitnya semakin glowing. 

"Tapi dengan kesibukanku sekarang, apalagi setelah menikah, pastinya nggak bisa sering-sering ya me-time ke spa. Aku cari cara yang lebih praktis, supaya tetep bisa merawat diri di rumah," tutur Olivia.

Skin expert, dr. Leni Kumalasari, dipl.AAAM pada kesempatan yang sama menjelaskan, eksfoliasi adalah kunci untuk menghilangkan sel-sel kulit mati atau daki yang menumpuk di permukaan kulit akibat keringat, debu, dan kotoran. 

Kulit mati yang tidak dibersihkan akan menumpuk dan membuat kulit menjadi kusam, serta teksturnya menjadi kasar.

"Maka dari itu, eksfoliasi menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Namun banyak yang melupakan untuk melakukan eksfoliasi, karena beranggapan ribet untuk melakukan itu," jelas dr Leni.

Padahal, lanjutnya, penyerapan produk kecantikan lainnya dapat bekerja secara maksimal jika kulit rutin di eksfoliasi.

Ia lalu mencontohkan. Kulit remaja di usia 15-25 tahun cenderung lebih berminyak, sering muncul jerawat hormonal pada area badan khususnya area punggung dan dada. 

Sedangkan untuk kulit dewasa di atas umur 25 tahun, kulit akan cenderung semakin kering dan kusam, regenerasi kulit melambat. 

"Lakukanlah eksfoliasi dengan produk yang memiliki kandungan bahan yang aman dan sudah teruji klinis," kata dr Leni.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Shinzu’i Glow Spa body exfoliating gel. Produk ini mengandung berbagai bahan aktif. Ada Ichigo, Honey dan Cica.

Ketiganya merupakan bahan-bahan yang dapat dikonsumsi dengan berbagai manfaat yang menutrisi tubuh. 

Sementara manfaat utama dari ketiga varian ini bagi kulit adalah untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, serta menjaga kelembaban kulit. 

Secara khusus, varian Cica memiliki manfaat untuk membantu mencerahkan dan menenangkan kulit sehingga cocok untuk kulit sensitif. 

Ichigo atau strawberry asal Jepang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C serta antioksidan tinggi yang bisa membantu meratakan warna kulit.

Honey bermanfaat untuk melembabkan kulit sehingga cocok untuk kulit kering, mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas, bersifat emolien serta dapat melembabkan dan menenangkan kulit dengan hidrasi yang baik. 

Tiga varian Shinzu’i Glow Spa juga diperkaya Herba Matsu Oil, Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Collagen. Herba Matsu Oil atau ekstrak Jamur Matsutake, merupakan bahan utama dari produk-produk Shinzu’i lainnya. 

Herba Matsu Oil pada Shinzu’i telah teruji secara klinis sebagai pencerah kulit alami dan mampu meratakan warna kulit. 

Dokter Leni Kumalasari juga menjelaskan bahwa cara kerja Herba Matsu Oil adalah dengan menghambat enzim tirosinase yang mempercepat pembentukan melanin sehingga warna kulit akan menjadi lebih cerah dan merata.

AHA yang terkandung dalam Shinzu’i Glow Spa dapat membantu mengangkat dan mempercepat pergantian sel kulit mati hingga memperkecil pori-pori, serta Collagen yang dapat melembapkan dan membantu meningkatkan elastisitas kulit.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES