Kesehatan

Hari Kesehatan Mental Sedunia: Meningkatkan Kesadaran dan Kesejahteraan Mental

Selasa, 10 Oktober 2023 - 13:06 | 140.52k
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day diperingati setiap tanggal 10 Oktober. (Foto: Shutterstock)
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day diperingati setiap tanggal 10 Oktober. (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap tahunnya, pada tanggal 10 Oktober, dunia memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, sebuah perayaan global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan mempromosikan kesejahteraan bagi semua orang di planet ini. Peringatan ini memberikan kesempatan bagi kita semua untuk mempelajari lebih lanjut tentang isu-isu terkait kesehatan mental, serta mendukung mereka yang memerlukan bantuan.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini adalah "Membangun Kesan Positif: Mengatasi Stigma Mental." Tujuan dari tema ini adalah untuk mengurangi stigma yang terkait dengan gangguan mental dan mendorong masyarakat untuk membuka pikiran mereka terhadap masalah kesehatan mental. Dengan mengatasi stigma, diharapkan individu yang mengalami masalah kesehatan mental dapat mencari bantuan dengan lebih mudah dan tanpa rasa malu.

Di seluruh dunia, berbagai inisiatif dan acara diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Mulai dari seminar, lokakarya, hingga kampanye sosial media, setiap upaya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan mental dan mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam mendukung mereka yang membutuhkan.

Salah satu hal penting yang perlu dipahami adalah betapa pentingnya menangani masalah kesehatan mental. Gangguan mental dapat memiliki dampak serius pada kehidupan sehari-hari seseorang, termasuk hubungan personal, karir, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk lebih memahami isu ini dan memberikan dukungan kepada mereka yang mengalaminya.

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental masyarakat secara global. Isolasi sosial, kecemasan akan kesehatan, stres finansial, dan ketidakpastian akan masa depan telah menyebabkan lonjakan dalam masalah kesehatan mental. Inilah sebabnya mengapa Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini menjadi lebih penting dari sebelumnya. Kita perlu mencari dukungan dan menciptakan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan mental kita sendiri dan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan mental yang baik:

  1. Tetap terhubung dengan orang-orang terdekat Anda melalui panggilan telepon atau pertemuan virtual.
  2. Menjaga rutinitas harian yang sehat, termasuk istirahat yang cukup, nutrisi yang baik, dan olahraga teratur.
  3. Cari waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda nikmati, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menggambar.
  4. Tetap bersosialisasi dengan komunitas yang mendukung minat dan hobi Anda.
  5. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika Anda merasa kesulitan menghadapi masalah kesehatan mental.

Penting untuk diingat bahwa dukungan komunitas dan layanan kesehatan mental juga memainkan peran penting dalam memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Jangan pernah ragu untuk mencari sumber daya dan bantuan yang tersedia di lingkungan Anda.

Dalam merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia, kita semua memiliki kesempatan untuk menjadi agen perubahan dalam menangani masalah kesehatan mental dan mengurangi stigma yang terkait dengannya. Mari kita tingkatkan kesadaran, promosikan kesejahteraan mental, dan berikan dukungan kepada mereka yang membutuhkannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES