Kesehatan

Rahasia Awet Muda, Pentingnya Usia Biologis Lebih Muda dari Usia Kronologis

Kamis, 12 Oktober 2023 - 08:44 | 47.95k
Dokter Nadia Alaydrus. (Foto: Istagram/@nadialaydrus)
Dokter Nadia Alaydrus. (Foto: Istagram/@nadialaydrus)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seringkali kita mendengar bahwa seseorang yang memiliki usia biologis lebih muda dibandingkan usia kronologisnya terlihat awet muda, bugar, dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang. Dokter Nadia Alaydrus menjelaskan pentingnya menjaga usia biologis agar kita dapat hidup lebih lama dan tetap sehat.

Dokter yang acap kali memberikan edukasi tentang kesehatan melalui akun media sosial miliknya ini, dilansir dari Antara, Rabu (11/10/2023), menjelaskan usia biologis merujuk pada kondisi organ tubuh seseorang, sedangkan usia kronologis adalah usia yang dihitung berdasarkan tanggal dan tahun kelahiran.

“Memiliki usia biologis yang lebih muda berarti tidak hanya terlihat muda secara penampilan, tetapi juga organ tubuh kita berfungsi dengan baik,” ujarnya.

Menurut dr Nadia, untuk mencapai keadaan awet muda, tidak hanya perlu fokus pada penampilan wajah, tetapi juga harus memperhatikan kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk organ tubuh lainnya.

Untuk mencapai usia biologis yang lebih muda, menurut dr Nadia, kita perlu mengadopsi gaya hidup sehat. Hal ini termasuk memperhatikan pola makan yang seimbang dan bergizi sesuai kebutuhan tubuh.

Dokter yang eksis sebagai beauty enthusiast ini tidak menyarankan untuk makan secara berlebihan, melainkan penting untuk makan dengan porsi yang cukup dan mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

“Kita perlu mengingat bahwa tubuh kita sebagian besar terdiri dari air dan membutuhkan kadar protein yang cukup,” ujarnya.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara teratur juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur yang cukup dan mengelola stres dengan baik juga berkontribusi dalam menjaga usia biologis kita tetap muda.

Dokter Nadia menekankan bahwa masyarakat perlu menyadari pentingnya memperhatikan usia biologis, karena bahaya penyakit kronis lebih tinggi pada mereka yang memiliki usia kronologis muda tetapi usia biologis yang lebih tua.

Menerapkan gaya hidup sehat dan aktif, seperti berolahraga secara teratur, dapat membantu memperlambat proses penuaan biologis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Informasi ini didukung oleh Laporan Nasional Sport Development Index yang diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada tahun 2021. Sayangnya, data ini menunjukkan bahwa lebih dari 75 persen masyarakat Indonesia memiliki tingkat kebugaran yang kurang.

Penting untuk diingat bahwa tubuh yang tidak bugar meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti stroke, penyakit jantung, dan gangguan ginjal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh dan usia biologis yang lebih muda melalui gaya hidup sehat dan aktif sangatlah penting. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES