Kesehatan

Trik Cerdas Memilih Makanan untuk Mengendalikan Diabetes

Jumat, 13 Oktober 2023 - 05:23 | 42.30k
Ilustrasi - memilih makanan untuk mengendalikan diabetes (Foto: lifepal)
Ilustrasi - memilih makanan untuk mengendalikan diabetes (Foto: lifepal)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketika Anda menghadapi diabetes, memilih makanan yang tepat bukan sekadar tugas rutin, melainkan strategi penting untuk menjaga kesehatan.

Selain obat-obatan, asupan makanan yang cermat dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap dalam batas normal, karena tubuh penderita diabetes seringkali kehilangan kemampuan untuk merespons insulin dengan baik atau bahkan tidak lagi mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup untuk mengolah gula yang masuk.

Pentingnya memperhatikan asupan makanan bukan hanya tentang menghindari komplikasi yang dapat muncul akibat diabetes, tetapi juga untuk memastikan Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bugar. Inilah mengapa pemilihan makanan menjadi sangat krusial dalam manajemen diabetes seperti dilansir dari ekahospital.com.

Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes

Pemilihan makanan bagi penderita diabetes haruslah seimbang dan bergizi, mencakup karbohidrat yang sehat, makanan kaya serat, serta lemak yang baik. Berikut ini adalah pilihan makanan yang dianjurkan dan yang sebaiknya dihindari:

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber utama energi, namun pilihlah karbohidrat yang sehat, seperti biji-bijian utuh (misalnya, beras merah, oatmeal, quinoa) dan ubi jalar panggang. Hindari karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta.

2. Sayuran

Sayuran hijau seperti kale, bayam, dan arugula adalah pilihan cerdas karena kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Hindari sayuran kaleng dengan tambahan natrium atau sayuran dimasak dengan banyak lemak dan saus.

3. Buah-buahan

Konsumsilah buah segar atau buah kalengan tanpa tambahan gula. Alpukat adalah buah yang sangat baik untuk diabetes, karena rendah gula dan kaya serat.

4. Protein

Pilih sumber protein sehat, seperti ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, telur, dan tahu. Hindari daging olahan dan makanan tinggi lemak.

5. Susu dan Produk Olahan Susu

Pilih produk susu rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak. Hindari produk berlemak tinggi seperti es krim dan keju yang berlemak.

6. Lemak dan Minyak

Pilih lemak sehat seperti yang terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, atau alpukat. Hindari lemak trans dan lemak jenuh, yang dapat ditemukan dalam makanan olahan.

7. Minuman

Minum air putih, teh tanpa pemanis, dan kopi hitam tanpa gula. Hindari minuman manis, soda, dan alkohol.

Dengan memperhatikan pilihan makanan ini, Anda dapat menciptakan pola makan yang mendukung kesehatan Anda dan membantu mengontrol kadar gula darah. Ingatlah bahwa konsultasi dengan tenaga medis atau ahli gizi adalah langkah bijak untuk merancang rencana makan yang sesuai dengan kebutuhan khusus Anda dalam menghadapi diabetes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES