Kesehatan

Tiga Negara ini Merupakan Penghasil Susu Sapi Paling Berkualitas di Dunia

Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:57 | 111.88k
Hijaunya padang rumput yang ada di Selandia Baru yakni salah satu negara penghasil susu sapi terbaik di dunia (Foto: id.pinterest.co.id/TIME Indonesia)
Hijaunya padang rumput yang ada di Selandia Baru yakni salah satu negara penghasil susu sapi terbaik di dunia (Foto: id.pinterest.co.id/TIME Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTASusu adalah salah satu komoditi utama di dunia. Susu diketahui sebagai salah satu sumber pangan yang sangat berharga di seluruh dunia karena memberikan nutrisi dalam jumlah besar yang dibutuhkan oleh semua manusia.

Susu dengan segala kandungannya memberikan manfaat dalam mendukung pertumbuhan, perkembangan, serta kecerdasan.Tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan pada anak, susu juga mempunyai banyak manfaat bagi orang dewasa. Jadi tidak heran jika susu digemari banyak orang dari berbagai usia dan kalangan. 

Dalam susu sapi terdapat kandungan gizi yang sangat tinggi seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan oleh manusia. Menurut beberapa kajian lemak dalam susu sapi memiliki kadar 3,45%, sedangkan protein memiliki kadar 3,20%, dan laktosa 4,60% (Williamson dan Payne, 1993). Oleh karena itu, diperlukan asupan susu yang cukup dalam pola makan harian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang optimal.

Berikut negara penghasil susu sapi terbaik di dunia. Apakah Indonesia salah satunya?

1. Jerman 

Jerman juga menjadi negara yang populer karena kualitas susunya yang baik. Negara ini memiliki hutan dan lahan pertanian yang luas. Itulah sebabnya mengapa banyak orang di sana yang memelihara hewan penghasil susu seperti sapi, kambing dan domba. Karena sistem pengelolaan lingkungan yang baik serta sistem peternakan yang modern, menjadikan Jerman bisa memproduksi susu sapi dengan kualitas yang baik. 

Selain itu, Jerman menjadi negara terbesar dalam produksi susu sapi di Eropa dengan hasil mencapai 31,1 miliar kilogram per tahunnya. Ini menempatkan Jerman sebagai produsen susu sapi terbesar kelima di dunia. Meskipun negara ini berkutat dalam produksi susu sapi yang luar biasa, negara Jerman menghadapi tantangan kenaikan harga lahan dan kesulitan dalam mencari tenaga kerja yang terampil. Meski begitu, konsumsi susu sapi di dalam negeri tetap tinggi dengan angka rata-rata 54 liter per orang setiap tahun.

2. Amerika Serikat 

Amerika Serikat mencatatkan namanya sebagai penghasil susu sapi terbesar di dunia. Negara satu ini memiliki volume produksi susu sapi sekitar 102,6 juta metrik ton. Dalam hal ini The Dairy Farmers of America yang berbasis di Amerika Serikat menjadi pemain terbesar di pasar susu internasional. 

Negara-negara bagian di Amerika Serikat yang terkenal akan produksi susu segarnya antara lain California, New York, Wisconsin dan Idaho. Jenis sapi holstein yang memiliki corak bulu hitam dan putih menghasilkan lebih dari 90% susu sapi di Amerika Serikat. Peternakan sapi besar biasanya memiliki jumlah lebih dari 15 ribu ekor sapi, sedangkan peternakan kecil hanya memiliki sekitar 30 ekor sapi. Amerika juga menjadi pengekspor susu sapi ke banyak negara termasuk Meksiko, Kanada, Arab Saudi, dan Taiwan.

3. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara penyedia utama susu ke sejumlah negara di seluruh dunia. Negara ini memiliki padang rumput luas yang baik untuk kambing, sapi, kerbau dan domba. Baru-baru ini Selandia baru telah menghasilkan sekitar 21,53 juta ton susu. Hamparan padang rumput yang luas inilah yang membuat hewan ternak penghasil susu dapat hidup dengan baik sehingga berpengaruh pada produksi susu sapi. 

Selandia baru diklaim menjadi tempat ideal untuk menanam rumput berkualitas tinggi. Negara ini juga memiliki iklim yang sejuk, tanah yang subur, air yang melimpah serta bebas dari hama dan penyakit hewan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES