Kesehatan

Rutin Naik Tangga, Tips Sederhana Menjaga Jantung Tetap Sehat

Jumat, 27 Oktober 2023 - 06:08 | 45.06k
Aktivitas naik turun tangga disebut mampu menjaga kesehatan jantung. (foto: freepik)
Aktivitas naik turun tangga disebut mampu menjaga kesehatan jantung. (foto: freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda tak harus memaksakan berjalan 10.000 langkah sehari untuk kesehatan jantung. Sebuah studi dalam jurnal Atherosclerosis menyebutkan menaiki lebih dari lima anak tangga setiap hari ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik atau penyakit jantung.

Untuk Anda yang sibuk, pilihan naik turun tangga bisa menjadi pilihan yang pas demi menjaga kesehatan jantung.

Jurnal Atherosclerosis menyebutkan, para peneliti masuk pada kesimpulan tersebut usai menganalisis data dari 458.860 peserta dewasa di UK Biobank.

Mereka menggunakan survei mengumpulkan informasi tentang faktor menaiki tangga, sosiodemografi, dan gaya hidup partisipan pada awal penelitian dan setelah lima tahun. Para peserta ditindaklanjuti rata-rata selama 12,5 tahun.

Tim peneliti mengevaluasi hubungan antara intensitas menaiki tangga dan penyakit kardiovaskular aterosklerotik (ASCVD) dan menemukan bahwa menaiki lebih dari lima anak tangga setiap hari dapat mengurangi risiko ASCVD sebesar 20 persen.

Penyakit kardiovaskular aterosklerotik adalah suatu kondisi arteri di jantung tersumbat oleh lemak atau kolesterol atau disebut plak yang berpotensi memicu serangan jantung.

“Menaiki lebih dari lima anak tangga (sekitar 50 langkah) setiap hari dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena jenis ASCVD, terlepas dari kerentanan penyakit," kata peneliti dalam jurnal yang diterbitkan Oktober 2023.

Para peneliti merekomendasikan menaiki tangga sebagai aktivitas fisik berbiaya rendah dan mudah dilakukan yang dapat dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari.

“Menaiki tangga dalam waktu singkat dengan intensitas tinggi adalah cara yang efisien waktu untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan profil lipid, terutama di antara mereka yang tidak dapat mencapai rekomendasi aktivitas fisik saat ini," ujar peneliti Dr. Lu Qi, dari Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine di Louisiana.

Selain menaiki tangga, ada beberapa aktivitas ringan lainnya yang dapat membantu menguatkan jantung Anda. Beberapa di antaranya meliputi:

  1. Berjalan Kaki: Berjalan kaki adalah salah satu aktivitas ringan yang sangat baik untuk jantung. Cobalah untuk menjalani rutinitas berjalan kaki setiap hari selama minimal 30 menit. Ini bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.
  2. Bersepeda: Bersepeda adalah cara yang bagus untuk menguatkan jantung dan sistem kardiovaskular. Anda dapat memilih bersepeda di sekitar lingkungan Anda atau menggunakan sepeda stasioner di gym.
  3. Renang: Berenang adalah olahraga ringan yang juga bisa sangat baik untuk jantung. Air mendukung tubuh Anda dan mengurangi dampak pada sendi, sehingga cocok untuk banyak orang.
  4. Senam Ringan: Senam ringan seperti senam aerobik, zumba, atau senam air adalah pilihan lain untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Mereka menyediakan latihan kardio yang menyenangkan.
  5. Yoga: Walaupun yoga lebih dikenal karena manfaat relaksasinya, beberapa jenis yoga yang lebih aktif, seperti power yoga atau vinyasa yoga, dapat memberikan latihan kardiovaskular yang baik.
  6. Latihan Berat Ringan: Latihan dengan beban ringan, seperti angkat beban kecil atau latihan berat badan tubuh, dapat membantu memperkuat otot dan jantung Anda.
  7. Dansa: Menari adalah cara yang menyenangkan untuk berolahraga dan meningkatkan kesehatan jantung. Bergabunglah dengan kelas dansa atau hanya menari di rumah.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum memulai rutinitas olahraga apa pun, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mungkin memerlukan perhatian khusus. Yang terpenting, pilih aktivitas yang Anda nikmati, karena Anda lebih cenderung menjalani rutinitas olahraga secara konsisten jika Anda menikmatinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES