Kesehatan

11 Makanan Ajaib Penakluk Asam Urat yang Aman Dikonsumsi

Selasa, 07 November 2023 - 05:26 | 40.08k
Ilustrasi - Makanan yang ampuh untuk menurunkan asam urat (FOTO: alodokter)
Ilustrasi - Makanan yang ampuh untuk menurunkan asam urat (FOTO: alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengelola kadar asam urat dalam darah melalui pola makan adalah langkah penting untuk mengurangi gejala asam urat. Meskipun tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan asam urat, beberapa makanan bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan meredakan gejalanya.

Inilah daftar makanan yang dilansir dari siloamhospitals direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk menurunkan asam urat:

1. Pisang: Pisang kaya akan kalium yang membantu mencegah pembentukan kristal asam urat dalam tubuh. Selain itu, pisang rendah purin dan kaya serat serta vitamin C yang membantu ekskresi purin dan asam urat. Konsumsi 1-2 buah pisang per hari.

2. Buah Ceri: Ceri mengandung antosianin, pigmen berwarna merah-ungu, yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Konsumsi ceri bersamaan dengan obat asam urat dokter untuk hasil optimal.

3. Kacang-kacangan: Kacang lentil, polong, dan buncis adalah sumber protein nabati tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

4. Teh Hijau: Teh hijau mengandung katekin, antioksidan yang menghambat produksi asam urat, mencegah pembentukan kristal asam urat, dan batu ginjal.

5. Ikan Salmon: Kaya akan asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan akibat asam urat, serta rendah purin dan asam lemak jenuh.

6. Susu Rendah Lemak: Susu segar dan produk olahan susu rendah lemak membantu melancarkan pembuangan asam urat melalui urine, mengurangi risiko kambuh.

7. Sayur-sayuran: Beberapa sayuran seperti tomat, wortel, dan brokoli rendah purin dan kaya akan zat antioksidan yang baik untuk penderita asam urat.

8. Air Putih: Cukupi kebutuhan air harian Anda, sekitar 2 liter, untuk menjaga konsistensi urine dan melarutkan asam urat.

9. Makanan Tinggi Serat: Makanan berserat membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh dengan menyerap asam urat berlebih.

10. Cuka Apel: Cuka apel tinggi kalium dan memiliki sifat antiinflamasi alami, membantu menjaga keseimbangan pH tubuh, dan meredakan peradangan serta nyeri akibat asam urat.

11. Kopi: Konsumsi kopi dengan bijak dapat membantu mengurangi risiko asam urat. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Penting untuk diingat bahwa selain mengonsumsi makanan ini, Anda juga perlu menjaga berat badan yang sehat, menghindari alkohol dan makanan tinggi purin, serta rutin berolahraga. Pola makan yang seimbang dan hidrasi yang cukup adalah kunci untuk mengelola asam urat dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES