Kesehatan

Cara Cepat dan Aman Mengatasi Mata Bintitan, Apa Saja?

Sabtu, 25 November 2023 - 04:38 | 40.73k
Ilustrasi mata bintitan. (Foto: EMC.id)
Ilustrasi mata bintitan. (Foto: EMC.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bintitan sering muncul di kelopak mata bagian luar, tetapi terkadang juga bisa timbul di bagian dalam kelopak mata. Bintitan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya hanya muncul pada salah satu kelopak mata. Mata bintitan juga bisa karena penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata oleh kulit mati, kotoran, atau minyak berlebih.

Masalah mata ini umumnya bisa membaik dengan sendirinya. Namun, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Berikut ini cara mengobati mata bintitan yang aman dan cepat.

1. Menjaga kebersihan mata

Cucilah kelopak mata yang bintitan dengan sabun berbahan lembut dan hindari pemakaian kosmetik mata sampai bintitan sembuh.

2. Kompres hangat

Kompres hangat pada mata bintitan bisa membantu cairan atau nanah pada bintitan cepat keluar secara alami. Caranya, celupkan handuk ke dalam air hangat. Peras handuk hingga airnya tidak menetes.

Letakkan handuk hangat pada area mata yang mengalami bintitan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi beberapa kali setiap hari.

3. Tidak memakai lensa kontak

Hindari penggunaan lensa kontak sampai mata bintitan sembuh. Jika masih tetap menggunakan lensa kontak dikhawatirkan mata bintitan bisa terinfeksi dan rasa sakit yang ditimbulkan lebih parah.

4. Pijat ringan saat bintitan pecah

Saat bintitan pecah, pijat ringan area tersebut dengan tisu untuk menghilangkan cairan di benjolan.

Sebelum memijat area tersebut, pastikan tangan dan tisu dalam kondisi bersih. Setelah itu, jaga kebersihan di area mata dan hindari menyentuh area mata. Jangan memijat benjolan apabila terasa sakit.

5. Minum obat

Saat mata bintitan terasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu bisa minum antibiotik yang diresepkan dokter. Selain itu, kamu juga bisa minum obat penghilang rasa sakit. Jenis obat ini bisa menghilangkan ketidaknyaman di mata karena bintitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES