Kesehatan

Merawat Telinga dengan Benar, Begini Caranya

Rabu, 29 November 2023 - 03:12 | 27.11k
mohon dicarikan ilustrasi tentang merawat telinga. (foto: Halodoc)
mohon dicarikan ilustrasi tentang merawat telinga. (foto: Halodoc)

TIMESINDONESIA, MALANG – Telinga, organ tubuh penting tapi banyak orang sering mengabaikan kesehatannya. Telinga, seperti ogan lainnya, juga perlu perhatian khusus. Caranya, dengan merawat telinga dengan benar, mencegah masalah telinga umum, dan memastikan fungsinya optimal.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat telinga Anda.

1. Kenali sedari awal struktur dan fungsi telinga

Sebelum kita membahas perawatan, penting untuk memahami struktur dan fungsi telinga.

Telinga terdiri dari tiga bagian utama: telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Memahami cara setiap bagian bekerja dapat membantu Anda merawat telinga dengan lebih efektif.

2. Sekali lagi, jangan pakai cotton bud untuk membersihkan telinga

Salah satu kesalahan umum dalam merawat telinga adalah menggunakan cotton bud atau benda tajam lainnya untuk membersihkannya. Ini dapat mendorong kotoran lebih dalam, menyebabkan sumbatan telinga, atau bahkan melukai gendang telinga.

3. Bersihkan dengan lembut dan tepat

Pembersihan telinga sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Gunakan kain lembut atau tisu untuk membersihkan bagian luar telinga.

Untuk membersihkan kotoran di dalam telinga, pertimbangkan penggunaan tetes telinga yang direkomendasikan oleh dokter.

4. Lindungi telinga dari kotoran dan air

Pencegahan adalah kunci utama dalam merawat telinga. Saat berada di lingkungan berdebu atau berada di air, gunakan penutup telinga atau bantalan yang dirancang khusus untuk melindungi telinga dari kotoran dan kelembapan berlebih.

5. Hindari paparan suara keras yang berlebihan

Paparan suara keras dapat merusak pendengaran Anda secara permanen. Gunakan pelindung telinga jika Anda berada di lingkungan yang bising, seperti konser musik atau area konstruksi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga jika Anda khawatir tentang risiko paparan suara keras.

6. Gunakan earplug saat berenang atau mandi

Air yang tertinggal di dalam telinga setelah berenang atau mandi dapat menyebabkan infeksi telinga. Gunakan earplug untuk mencegah air masuk ke dalam telinga dan menjaga keseimbangan kelembaban di dalamnya.

7. Hindari menggunakan kunci atau benda tumpul

Menggunakan benda tumpul seperti kunci atau benda-benda keras lainnya untuk membersihkan telinga dapat menyebabkan cedera serius. Hindari melakukan hal ini dan hanya gunakan produk yang dirancang khusus untuk perawatan telinga.

8. Rutin pemeriksaan ke dokter spesialis telinga

Penting untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter spesialis telinga. Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi masalah telinga secara dini dan memberikan perawatan yang diperlukan sebelum masalah bertambah parah.

9. Kenali tanda-tanda infeksi telinga

Infeksi telinga bisa sangat mengganggu dan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Kenali tanda-tanda infeksi seperti rasa sakit, gatal, atau keluarnya cairan dari telinga. Jika Anda mengalami gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter.

10. Jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

Kesehatan telinga juga terkait erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pastikan Anda menjaga gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup.

Nah, ternyata merawat telinga kita sebenarnya rnudah dan sederhana. Mulai lah dari sekarang untuk memberi perhatian juga kesehatan telinga Anda. Ingat selalu, mencegah lebih baik daripada mengobati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES