Kesehatan

Cegah Stunting, Bupati Sugiri Ajak Masyarakat Ponorogo Gemar Makan Ikan

Senin, 04 Desember 2023 - 16:07 | 26.93k
Bupati Sugiri Sancoko membagikan ikan segar kepada warga Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Bupati Sugiri Sancoko membagikan ikan segar kepada warga Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Dalam peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-10 tahun 2023, Bupati Sugiri Sancoko mengajak masyarakat Ponorogo gemar makan ikan, hal tersebut penting guna mencegah stunting.

Pada peringatan Harkanas ke-10, hari ini Senin (4/12/2023) Bupati Sugiri Sancoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo Susilowati Sugiri Sancoko membagikan 1 ton ikan segar ke 10 desa. Desa yang menjadi sasaran penyaluran ikan tersebut adalah yang memiliki kasus stunting cukup tinggi, yaitu Desa Plalangan, Desa Sooko, Desa Jrakah, Desa Baosan Kidul, Sesa Senepo, Desa Gondowido, Desa Banjarejo, Desa Binade, Desa Tempuran, dan Desa Ngrandu.

"Kita treatment khusus, kita bagikan ikan segar 1 ton untuk 10 desa yang angka stuntingnya tinggi," kata Bupati Sugiri Sancoko.

Menurutnya Pemkab Ponorogo tahun ini menargetkan stunting di angka 7. Pada tahun 2022 lalu, angka stunting di Ponorogo sebesar 14. Upaya pemberian ikan segar ini, sebagai bentuk untuk menekan angka stunting ini.

"Mudah-mudahan tercapai targetnya, kalaupun tidak bisa pokoknya di bawah 2 digitlah," jelasnya. 

Bupati Sugiri Sancoko ingin setiap warga yang hamil di Ponorogo harus diketahui petugas by name by address. Dengan begitu, lebih memudahkan melakukan treatment.

"Saya pingin ibu-ibu cara merawat bayinya supaya tidak stunting. Yakni memberikan asupan gizi yang teratur," imbuhnya.

Terkait kebutuhan gizi itu, Bupati Sugiri Sancoko mengungkapkan, ikan segar menjadi solusinya, karena ikan adalah paket komplit, ikan bagus untuk kecerdasan otak, juga untuk pertumbuhan fisik anak.

"Generasi penerus kita ini harus berkualitas, otaknya pintar, fisiknya bagus dan akhlaknya baik, harus disiapkan sejak ada dikandungan. Ibu hamil harus makan makanan yang bergizi," kata Bupati Sugiri Sancoko. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES