Kesehatan

Pergelangan Kaki Cedera atau Keseleo? Dokter Ortopedi: Jangan Langsung Dipijat!

Kamis, 18 Januari 2024 - 01:21 | 25.91k
Ilustrasi cedera atau keseleo di pergelangan kaki.
Ilustrasi cedera atau keseleo di pergelangan kaki.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi, dr. Andi Praja Wira Yudha Lutfi, memberi panduan bagi masyarakat yang mengalami cedera atau keseleo pergelangan kaki.

Dokter yang berpraktik di Eka Hospital Permata Hijau itu menekankan pentingnya tidak langsung melakukan pijatan. Lebih baik menggunakan kompres es untuk meredakan peradangan. Selain itu, tindakan medis seperti elevasi dan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dapat membantu pemulihan yang efektif.

Menurut dr. Andi Praja, cedera atau keseleo pergelangan kaki dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keseleo akibat gerakan tiba-tiba atau memutar kaki, tendonitis karena penggunaan berlebihan, patah tulang akibat benturan keras, dan fracture stress yang disebabkan oleh gerakan berulang yang berlebihan.

Untuk mengatasi cedera pergelangan kaki, dr. Andi menyarankan agar masyarakat tidak langsung melakukan urut, melainkan menggunakan kompres es.

"Tindakan kompres menggunakan es bertujuan agar pembuluh darah yang robek menyempit," ujar dr. Andi, Rabu (17/1/2024).

Setelah proses kompres selesai, dr. Andi merekomendasikan untuk memperban area yang mengalami cedera dan melakukan elevasi, yaitu meninggikan kaki di atas jantung dengan bantuan bantal atau penyangga lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah penumpukan darah pada bagian bawah, yakni kaki.

Cedera pergelangan kaki dapat menunjukkan gejala ringan hingga nyeri hebat, tergantung pada tingkat keparahan cedera. Beberapa jenis cedera pergelangan kaki seperti patah tulang atau tendon robek mungkin memerlukan penanganan medis yang lebih intensif.

Pencegahan dan Faktor Penting

Selain memberikan panduan untuk penanganan cedera, dr. Andi juga menyoroti faktor-faktor pencegahan. Pemilihan sepatu yang tepat, terutama bagi mereka yang aktif berolahraga, dan perhatian terhadap teknik berlari menjadi langkah penting dalam menghindari cedera pergelangan kaki.

Dr. Andi menyarankan agar para pelari memperhatikan posisi kaki, lutut, dan pinggul, serta menggunakan pijakan bagian tengah telapak kaki saat berlari.

Konsultasi dengan Dokter

Dr. Andi menegaskan bahwa cedera atau keseleo pergelangan kaki dapat sembuh dengan sendirinya jika luka dijaga dengan baik. Namun, jika metode penanganan dari rumah tidak memberikan hasil yang baik, konsultasi dengan dokter spesialis Ortopedi diperlukan. Pemeriksaan fisik dan pencitraan seperti sinar-X atau MRI dapat membantu dokter dalam menentukan diagnosa dan penanganan yang tepat.

"Pemulihan akan dilakukan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan cedera. Dalam beberapa kasus, seperti patah tulang atau tendon robek, mungkin memerlukan pemasangan gips, penggunaan alat bantu jalan, atau bahkan pelaksanaan operasi," tambahnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES