Kesehatan

Ingat! 5 Tips Jaga Berat Badan Saat Lebaran

Kamis, 11 April 2024 - 04:26 | 24.91k
Ilustrasi berat badan. (Foto: Ist)
Ilustrasi berat badan. (Foto: Ist)

TIMESINDONESIA, MALANG – Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu usai Ramadan. Apalagi, lebaran jadi momen penting bertemu sanak saudara untuk melepas kangen dan bermaaf-maafan. 

Saat berkumpul saudara, banyak makanan khas Lebaran yang disajikan. Mulai opor ayam, semur daging, rendang dan masih banyak olahan daging maupun ayam. Hal tersebut pun, tentu sangat menggugah selera setiap orang.

Tapi ingat, makanan makanan khas yang disajikan saat lebaran tersebut malah membuat banyak penumpukan lemak dan kolestrol yang mengakibatkan berat badan naik.

Pingin berat badan tak naik tapi tetap menikmati lebaran? TIMES Indonesia telah merangkum 5 tips agar kalian tetap bisa menjaga berat badan di momen Lebaran.

1. Kendalikan porsi makan

Makan berlebihan tentunya memang tidak baik. Mending, kalian ambil makan dengan porsi secukupnya dan jangan berlebihan.

Jika ingin mengambil makanan khas lebaran, ambil juga secukupnya. Kalau bisa ambil daging yang tidak banyak lemak atau paling bagus ambil makanan yang lebih sehat.

2. Batasi asupan gula

Cemilan dan minuman khas lebaran sangat kental dengan gula. Contohnya seperti, es sirup, kemudian cemilan seperti nastar, putri salju dan lainnya.

Oleh karena itu, kalian harus benar-benar bisa membatasi diri kalian dari asupan gula. Jika tidak, makanan dan minuman tersebut akan menimbulkan risiko kenaikan berat badan, diabetes hingga obesitas.

3. Istirahat cukup

Meski sering disepelekan, faktanya tidur juga membuat dampak besar bagi pengendalian berat badan. Jika kurang tidur, ternyata juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Oleh karena itu, mulai saat ini biasakan untuk mengatur jadwal istirahat agar tidak terlalu banyak makan ketika lebaran nanti.

4. Rutin olahraga

Tips satu ini juga sering disepelekan orang, karena kurangnya waktu atau semacamnya. Tapi percayalah bahwa olahraga dapat menjaga stabilitas berat badan kalian.

Minimal, setiap hari luangkan waktu 15 sampai 30 menit untuk melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki atau senam yang bisa dilakukan didalam rumah. Apalagi, libur lebaran juga cukup panjang.

5. Perbanyak konsumsi air putih dan buah

Manfaat air putih dan buah-buahan tentunya tidak perlu diragukan lagi. 

Untuk air putih, usahakan minimal dapat menenggak 8 gelas per hari. Hal itu dapat mengenyangkan perut dan juga melarutkan lemak yang ada ditubuh.

Untuk buah, upayakan dikonsumsi pagi sebelum aktifitas. Hal itu juga dapat mengenyangkan perut agar tidak berlebihan makan saat berkunjung ke rumah saudara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES