Kesehatan

Tips Mengatasi Pembengkakan Kaki saat Perjalanan Jauh

Selasa, 09 April 2024 - 13:14 | 19.10k
Waspada pembengkakan kaki saat perjalanan jauh karena bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius bagi seseorang. (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Waspada pembengkakan kaki saat perjalanan jauh karena bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius bagi seseorang. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat melakukan perjalanan jauh tidak jarang seseorang mengalami pembengkakan kaki karena gangguan sirkulasi darah akibat duduk terlalu lama. Pembengkakan ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius bagi seseorang.  

Hal itu seperti diungkapkan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Vito A Damay yang dirangkum dalam wawancara bersama Kementerian Kesehatan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Vito, salah satu penyebab pembengkakan kaki adalah pembuluh vena yang kurang elastis karena sudah menua dan sulit menahan tekanan darah tinggi sehingga dapat menyebabkan kaki terasa tidak nyaman dan tegang.

Ia menjelaskan bahwa otak menerima sinyal tidak nyaman ketika pembuluh darah mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada pembuluh darah cenderung membuat sensasi tidak nyaman seperti kram, kesemutan, atau tegang. Hal ini berbeda dengan luka pada kulit yang langsung terasa sakit.

“Jika pembengkakan kaki sering terjadi, dapat menyebabkan komplikasi serius seperti peradangan atau inflamasi di pembuluh darah kaki hingga ke kulit. Ini bisa terlihat dari perubahan warna kulit menjadi kemerahan atau kebiruan karena gangguan aliran darah yang tidak mampu membawa oksigen secara efektif,” jelasnya.

Vito menambahkan, pembengkakan kaki yang sering terjadi, terutama pada pekerja yang sering duduk lama seperti penyiar radio atau pekerja kantoran, dapat menyebabkan komplikasi serius seperti peradangan.

Untuk mengatasi hal ini, Vito pun menyarankan beberapa gerakan sederhana seperti pumping ankle atau menggerakkan pergelangan kaki maju mundur secara berulang.

Cara lainnya, lanjut Vito, berdiri dan berjinjit  beberapa menit untuk meningkatkan aliran darah ke jantung.  

Jika kedua cara itu sulit dilakukan, Vito menyarankan merebahkan diri sambil mengangkat kaki 30-45 derajat untuk memperlancar aliran darah ke jantung.

Vito menekankan pentingnya mengatasi pembengkakan kaki ini dengan langkah-langkah sederhana untuk mencegah masalah kesehatan lebih lanjut.

Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut, pembengkakan kaki saat traveling dapat diatasi dengan efektif, sehingga aliran darah ke jantung tetap lancar dan masalah kesehatan yang serius dapat dicegah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES