Kesehatan

Dinkes Majalengka Berbagi Tips Sehat Menikmati Hidangan Lebaran

Kamis, 11 April 2024 - 22:32 | 114.16k
Ilustrasi hidangan opor ketupat Lebaran. (Foto: freepik)
Ilustrasi hidangan opor ketupat Lebaran. (Foto: freepik)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Lebaran identik dengan hidangan yang menggiurkan. Namun, jika berlebihan dalam mengonsumsinya dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Dalam konteks tersebut, Dinkes Majalengka memberikan tips tentang bagaimana cara mengonsumsi makanan agar tetap sehat dan bugar selama perayaan hari kemenangan.

"Boleh rayakan hari kemenangan dengan makan makanan lezat khas lebaran, tapi jangan sampai berlebihan ya, harus tetap jaga kesehatan," ujar Kepala Dinkes Majalengka, Agus Susanto, Rabu (10/4/2024).

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips dari Dinkes Majalengka untuk menjaga kesehatan di tengah godaan hidangan lebaran yang melimpah:

1. Prioritaskan Serat dan Vitamin

Konsumsilah makanan yang kaya serat dan vitamin, seperti buah-buahan dan sayuran untuk menjaga pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Meskipun menggoda, batasi konsumsi makanan manis karena dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti diabetes.

3. Kendalikan Konsumsi Makanan Bersantan dan Berlemak
Meskipun makanan bersantan dan berlemak merupakan bagian dari hidangan lebaran, konsumsilah dengan bijak dan jangan berlebihan untuk menjaga kesehatan jantung dan berat badan.

4. Gunakan Piring Kecil
Menggunakan piring kecil dapat membantu Anda mengontrol porsi makan dan mencegah overeating.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Jangan lupakan pentingnya minum air putih yang cukup, terutama di tengah cuaca yang panas dan konsumsi makanan yang tinggi garam.

Kepala Dinkes Majalengka menandaskan, dengan memperhatikan sejumlah tips sehat cara menikmati hidangan di atas, diharapkan masyarakat dapat merayakan momen Lebaran dengan sukacita sambil tetap memperhatikan kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES