Kesehatan

Cara Mengatasi Post-Holiday Syndrome Pasca Liburan ala Dokter Pengurus LK PBNU

Jumat, 19 April 2024 - 07:37 | 32.46k
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah liburan yang menyenangkan, banyak dari kita merasa sulit untuk kembali ke rutinitas sehari-hari. Perasaan sedih, stres, atau kecemasan yang muncul disebut sebagai post-holiday syndrome atau sindroma pasca liburan. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat mengatasi perasaan ini dan kembali ke kehidupan sehari-hari dengan positif.

Apa Itu Post-Holiday Syndrome?

Post-holiday syndrome adalah istilah yang menggambarkan perasaan sedih, stres, atau kecemasan yang muncul setelah liburan berakhir. Ini bisa disebabkan oleh kembalinya ke rutinitas sehari-hari, perasaan kecewa karena liburan telah berakhir, atau perasaan tertekan karena tugas-tugas yang menumpuk setelah liburan.

Tips Mengatasi Post-Holiday Syndrome 

Berikut tips cara mengatasi cara mengatasi Post-Holiday Syndrome pasca Lebaran dari Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, pengurus Lembaga Kesehatan (LK) PBNU, dokter spesialis RSSA Malang

1. Berikan Waktu untuk Beradaptasi

Berikan diri Anda waktu untuk beradaptasi kembali dengan rutinitas sehari-hari secara perlahan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan beri kesempatan untuk menyesuaikan diri kembali. Berikan jarak antara pulang liburan dengan start aktivitas bekerja.

2. Rencanakan Aktivitas Menyenangkan

Buatlah rencana untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan di masa depan. Ini dapat membantu memberikan sesuatu yang dinantikan dan mengalihkan perhatian dari perasaan sedih setelah liburan.

3. Jaga Keseimbangan

Pastikan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan waktu luang. Tetapkan waktu untuk istirahat dan rekreasi serta jangan biarkan pekerjaan mengambil alih hidup Anda sepenuhnya.

4. Aktivitas Fisik

Tetap aktif secara fisik dengan berolahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu meningkatkan mood dan energi Anda, sehingga membantu mengatasi perasaan sedih dan stres.

5. Praktikkan Relaksasi

Lakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam. Ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

6. Jaga Pola Makan dan Tidur

Pastikan untuk menjaga pola makan sehat dan cukup tidur. Kesehatan fisik yang baik dapat membantu Anda menghadapi tantangan dengan lebih baik.

7. Dukungan lingkungan terdekat

Jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental jika perlu. Berbicara dengan orang yang Anda percayai dapat membantu mengurangi beban yang Anda rasakan.

Post-holiday syndrome adalah hal yang normal dan dapat diatasi. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengurangi dampaknya dan kembali ke kehidupan sehari-hari dengan lebih positif dan produktif. Ingatlah untuk memberi diri Anda waktu, merencanakan aktivitas yang menyenangkan, dan menjaga keseimbangan dalam hidup Anda.
Selamat kembali beraktivitas semuanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES