Kesehatan

Soal Pencairan Klaim JHT, BPJS Ketenagakerjaan Bontang Imbau Jangan Gunakan Jasa Calo

Selasa, 30 April 2024 - 18:46 | 45.70k
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bontang (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bontang (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Maraknya penawaran jasa pencairan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) menjadi perhatian khusus BPJS Ketenagakerjaan Bontang

Kepada media ini Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bontang, Arvino mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan jasa calo. Pasalnya tidak ada yang menyulitkan dalam proses pencairan uang bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengambil Jaminan Hari Tuanya. 

Saat ini sudah banyak jasa calo, Arvino berpesan untuk tidak menggunakan jasa calo pencairan saldo JHT, karena proses pencairan saldo JHT itu tidak dipungut biaya. 

Dalam temuannya, para calo menarik tarif yang besar untuk menggunakan jasanya, bahkan menetapkan tarif menggunakan persentase dari saldo JHTnya. 

Tak sedikit uang yang hilang percuma, karena calo meminta uang muka dan ternyata kabur. Sangat disayangkan kalau para pekerja harus mengeluarkan uang yang banyak untuk proses yang mudah dan gratis.

“Saat ini pencairan JHT bisa menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. Jadi para pekerja tidak perlu jauh jauh datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, cukup mengajukan dari rumah dan menunggu konfirmasi di email,“ ujarnya, Selasa, (30/04/2024). 

Dikatakan Arvino bahwa untuk yang saldo di bawah Rp10 juta, peserta JHT dapat menggunakan aplikasi JMO dengan fitur pengajuan klaim. Namun pastikan akun JMO telah sukses melakukan pengkinian data. Jika sudah lolos verifikasi, kurang dari 24 jam, saldo JHT akan langsung ditransfer ke rekening pribadi yang telah diinput. 

“Tapi kalau saldonya diatas Rp10 juta, tidak perlu khawatir. Pekerja tetap bisa mengajukan pencairan JHT menggunakan website lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. Caranya, teman teman pekerja cukup meng-upload dokumen dalam bentuk foto yang diperlukan seperti kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP, surat pengalaman kerja dan menyiapkan buku rekening atas nama sendiri, tidak lama akan mendapatkan jadwal video call untuk dilakukan verifikasi,“ jelas Arvino.

“Dengan kemudahan akses dan cara pencairan yang sudah disediakan BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja bisa dengan bijak untuk tidak menggunakan jasa calo. Bila ada kendala dalam proses, bisa menghubungi call center kami di 175,“ tutup Arvino Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bontang.(d) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES