Kesehatan Info Haji 2024

Tetap Khusyuk Beribadah Haji di Tengah Suhu Tinggi Arab Saudi

Kamis, 16 Mei 2024 - 12:06 | 31.04k
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suhu Arab Saudi di musim haji 2024 saat ini sedang panas-panasnya. Suhu tertinggi diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius. 

Kondisi ini menuntut para jemaah haji Indonesia lebih waspada dalam menjaga kesehatan. Dr dr Hj Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis penyakit dalam RSSA Malang yang juga pengurus Lembaga Kesehatan (LK PBNU), memberikan beberapa tips penting agar jemaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih nyaman dan sehat.

1. Persiapan Fisik yang Matang

Menurut Dr Syifa, persiapan fisik adalah kunci utama. "Sebelum berangkat haji, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan konsultasikan dengan dokter terkait kondisi kesehatan Anda," ujarnya. 

Ia menekankan pentingnya menjalani latihan fisik ringan secara rutin untuk meningkatkan stamina.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Dehidrasi adalah salah satu risiko terbesar saat berada di suhu tinggi. Dr Syifa menyarankan para jamaah untuk memperhatikan asupan cairan. "Minumlah air putih secara teratur, bahkan sebelum merasa haus. Hindari minuman berkafein dan manis yang dapat menyebabkan dehidrasi," jelasnya. 

Membawa botol air sendiri juga direkomendasikan agar dapat mengukur jumlah air yang dikonsumsi setiap hari.

3. Kenakan Pakaian yang Tepat

Pakaian yang nyaman dan sesuai dengan iklim Makkah sangat penting. Dr Syifa menyarankan untuk mengenakan pakaian longgar dan berwarna terang. "Pakaian longgar membantu sirkulasi udara dan mencegah panas berlebih. Jangan lupa menggunakan pelindung kepala seperti topi atau payung untuk menghindari paparan langsung sinar matahari," tambah sekretaris LK PCNU Kota Malang ini.

4. Istirahat yang Cukup

Dr Syifa mengingatkan pentingnya istirahat yang cukup selama menjalankan ibadah haji. "Jangan paksakan diri untuk terus beraktivitas tanpa jeda. Beri tubuh waktu untuk beristirahat dan pulih dari kelelahan," kata dosen FK UB ini. Tidur yang cukup juga membantu menjaga daya tahan tubuh tetap optimal.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat juga tidak boleh diabaikan. Dr Syifa menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. "Pastikan makanan yang dikonsumsi kaya akan protein, vitamin, dan mineral untuk menjaga energi sepanjang hari," ujarnya. Hindari makanan yang berat dan sulit dicerna agar tidak menambah beban tubuh.

6. Kenali Tanda-Tanda Heatstroke

Heatstroke atau serangan panas adalah kondisi berbahaya yang dapat terjadi saat suhu tubuh meningkat drastis. Dr Syifa mengingatkan untuk mengenali tanda-tandanya seperti pusing, mual, kulit kering dan panas, serta detak jantung cepat. Badan terasa lemas dan pikiran seperti linglung sering terjadi pada orangtua.  "Jika merasakan gejala-gejala tersebut, segera cari tempat teduh dan dinginkan tubuh dengan air atau handuk yang dibasahi letakkan diatas kepala" sarannya.

7. Jaga Kebersihan Diri

Meskipun fokus utama adalah menjalankan ibadah, menjaga kebersihan diri tetap harus diperhatikan. Dr Syifa menyarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. "Kebersihan diri membantu mencegah berbagai penyakit yang bisa timbul akibat lingkungan yang padat dan berdebu," jelasnya. Jangan lupa pake masker jika di masjid dan kerumunan serta bawa handsanitizer.

8. Gunakan Pelindung Diri

Suhu tinggi juga bisa menyebabkan kulit terbakar. Gunakan penutup kepala, kacamata hitam, payung saat beraktifitas diluar rumah. Dr Syifa juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF diatas 50 pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari. "Jangan lupa untuk mengoleskan ulang setiap beberapa jam terutama setelah berkeringat atau terkena air," tambahnya.

9. Tetap Tenang dan Berdoa

Selain menjaga kondisi fisik, Dr Syifa juga menekankan pentingnya menjaga kondisi mental. "Tetap tenang dan hindari stres berlebih. Banyak berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan dan kekuatan selama menjalankan ibadah haji," tutupnya.

Dengan menerapkan tips-tips dari Dr dr Hj Syifa Mustika SpPD-KGEH ini, diharapkan para jamaah haji dapat menjalankan ibadah dengan lebih lancar dan nyaman meskipun di tengah suhu yang tinggi di Makkah. Selalu ingat untuk menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat ke Tanah Suci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES